Tinjau RS Hermina Wonogiri, Ketua BURT Sampaikan Pentingnya RS Miliki ‘Database’ Anggota DPR

Kamis, 11 Mei 2023 09:27

pak agung abs

Tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke RS Hermina Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, yang dipimpin Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso. Kunker tersebut dalam rangka meninjau secara langsung RS yang menjadi provider PT Asuransi Jasindo guna mengetahui standar pelayanan dan alur pelayanan rumah sakit tersebut kepada peserta Program Jamkestama, khususnya bagi Anggota DPR RI dan keluarganya.

“Hari ini kami dari BURT melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Hermina di Wonogiri, ada beberapa hal yang menarik yang kami temukan di sini. Pertama, rumah sakit ini baru bekerja sama dengan Jasindo tapi walaupun baru, grup Hermina (di wilayah lain) ini sudah cukup lama ikut sebetulnya. Nah artinya di sini kami memberikan informasi-informasi yang baru, yang harus dilakukan oleh rumah sakit di dalam melayani para anggota DPR yang menggunakan Jamkestama VVIP,” jelas ABS, sapaan akrabnya saat ditemui Parlementaria usai kunjungan kerja, Selasa, (9/5/2023).

Dalam kunjungan kerja ini, ABS menyampaikan pentingnya RS Hermina Wonogiri mempunyai database anggota dan keluarganya serta terjalinnya hubungan yang baik antara rumah sakit dengan PT Asuransi Jasindo. Sehingga, hal ini dapat memudahkan rumah sakit dalam memberikan pelayanan. “Hal-hal itu yang perlu kami sampaikan termasuk adanya database, system pembayarannya bagaimana, supaya hubungan antara Jasindo dengan Hermina ini baik karena kalau nggak baik tentunya mempengaruhi pelayanan,” sambung Politisi Fraksi Partai Demokrat ini.

Terkhusus mengenai database, Agung secara spesifik menjelaskan mengenai urgensi sebuah rumah sakit yang menjadi provider PT Asuransi Jasindo. Yaitu, agar rumah sakit tersebut tidak mengalami kerugian dan dapat memberikan pelayanan secara maksimal pada anggota DPR dan keluarganya.

“Jadi kalau data itu kan penting sekali. Jadi selain kita dibekali kartu sebagai peserta Jasindo, tentunya Jasindo juga harus menyiapkan databaseDatabase ini berisi data seluruh anggota DPR beserta keluarganya yang menjadi tanggungan Jasindo. ini penting karena apabila ada anggota PAW (Pergantian Antarwaktu), apabila yang ke sini bukan anggotanya tapi anaknya, tentunya akan dapat dilayani dengan baik dan kalau sudah di PAW-kan tentunya sudah tidak lagi bisa menggunakan fasilitas Jamkestama. Sehingga ini kami juga melindungi rumah sakit agar tepat dalam memberikan pelayanan sehingga tidak dirugikan. Karena kalau sudah di PAW-kan, sudah tidak menjadi anggota DPR dan tetap biayanya (ditanggung) oleh Rumah Sakit tentunya ini akan merugikan rumah sakit karena Jasindo tidak akan membayar tagihan yang diajukan Rumah Sakit,” jelasnya.

Di akhir penyampaian, ABS dan tim BURT lainnya melakukan hospital tour guna melihat secara langsung kualitas kamar, ketersediaan sarana dan prasarana, seperti ruang rapat inap tertinggi, kelengkapan, dan kemoderenan dari alat kesehatan dari rumah sakit Hermina Wonogiri dalam memberikan pelayanan.

“Di sini kami lihat juga kamarnya, luar biasa baik, bagus, bersih dan ini gedung baru dan pemandangannya itu sangat menyejukkan karena langsung (berhadapan) hutan kecil, di situ yang bagus. Sehingga, dengan demikian efek psikologis dari pasien tentunya akan lebih menenangkan sehingga lebih cepat sembuh. Tentunya sebagai rumah sakit yang baru, harapannya RS Hermina ini semakin maju dan berkembang, dan bisa menjadi rumah sakit utama di Wonogiri ini,” tutup ABS. (we/rdn)

( sumber : dpr.go.id )


Berita Lainnya

Nasional

Dede Yusuf Minta Mahasiswa Boleh Cicil Biaya Kuliah

Nasional

Ubah Konflik Jadi Kerja Sama, Diplomasi Air Potensi Promosikan Perdamaian Dunia

Nasional

WWF ke -10 di Bali, Putu Rudana : Isu Air Bukan Isu yang Ecek-ecek

Nasional

Polda dan Kajati Harus Berkolaborasi Ciptakan Pusat Pengendali Pengelolaan Tambang di Sultra

Nasional

Desak Pemerintah Selesaikan Persoalan, Komisi X Bentuk Panja Pembiayaan Pendidikan

Nasional

Dede Yusuf Tolak Usul Legalkan Politik Uang: Orang Akan Berlomba-lomba Cari Duit Tidak Benar

Nasional

Desak Pemerintah Selesaikan Persoalan, Komisi X Bentuk Panja Pembiayaan Pendidikan

Nasional

Demokrat Usul Utusan Parpol Jadi Penyelenggara Pemilu

Berita: Nasional - Dede Yusuf Minta Mahasiswa Boleh Cicil Biaya Kuliah •  Nasional - Ubah Konflik Jadi Kerja Sama, Diplomasi Air Potensi Promosikan Perdamaian Dunia •  Nasional - WWF ke -10 di Bali, Putu Rudana : Isu Air Bukan Isu yang Ecek-ecek •  Nasional - Polda dan Kajati Harus Berkolaborasi Ciptakan Pusat Pengendali Pengelolaan Tambang di Sultra •  Nasional - Desak Pemerintah Selesaikan Persoalan, Komisi X Bentuk Panja Pembiayaan Pendidikan •  Nasional - Dede Yusuf Tolak Usul Legalkan Politik Uang: Orang Akan Berlomba-lomba Cari Duit Tidak Benar •  Nasional - Desak Pemerintah Selesaikan Persoalan, Komisi X Bentuk Panja Pembiayaan Pendidikan •  Nasional - Demokrat Usul Utusan Parpol Jadi Penyelenggara Pemilu •