Tiket Dinilai Mahal, DPR: Tarif Batas Atas Kereta Api Harus Dievaluasi

Jumat, 09 Juni 2023 11:24

bpk anwar hafid

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Demokrat Anwar Hafid menegaskan, PT KAI (Kereta Api Indonesia) harus melakukan evaluasi harga tarif batas atas (TBA). Agar harga tiket kereta api tidak membebani masyarakat.

“Harus ada evaluasi tarif batas atas tiket kereta api. Kenapa? Jadi pemberlakuan harga tiket tidak hanya di tarif batas atas saja, sementara tarif batas bawah (TBB) ada,” kata Anwar Hafid kepada INDOPOS.CO.ID ditemui di Senayan, Selasa (6/6/2023).

Kendati, dikatakan dia, pengelolaan moda transportasi massal belum ditemukan melanggar harga tiket batas atas. Baik itu maskapai penerbangan atau PT KAI.

“Contohnya maskapai penerbangan tidak melanggar harga tiket batas atas. Demikian pula kereta, juga tidak melanggar harga tiket batas atas,” bebernya.

“Tapi harga tiket batas atas ini harus dievaluasi. Jangan sampai jadi kesempatan pengelola memberlakukan harga tiket batas atas. Jadi harga tiket cenderung mahal, meskipun tidak melebihi harga tiket batas atas,” imbuhnya.

Ke depan, menurut dia, Komisi V akan memberikan rekomendasi terkait anggaran di Kementerian Perhubungan untuk bidang transportasi. Seperti harga tiket untuk kereta api, bus dan moda transportasi massal lainnya.
 
“Terpenting belanja anggaran itu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bukan hanya serapannya yang tinggi,” ujarnya. (nas)
 
( sumber : indopost.co.id )

Berita Lainnya

Nasional

Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali

Nasional

Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan

Nasional

Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah

Nasional

Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu

Nasional

Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Nasional

BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma

Nasional

Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo

Nasional

Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada

Berita: Nasional - Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali •  Nasional - Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan •  Nasional - Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah •  Nasional - Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu •  Nasional - Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri •  Nasional - BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma •  Nasional - Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo •  Nasional - Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada •