Tanggapi Permenperind no 3 Tahun 2021, FD: Semangat Impor Makin Menjadi Karena Ujungnya Fee

Senin, 03 Mei 2021 04:46

BAMBANG PURWANTO

Anggota DPR RI dari fraksi partai Demokrat, Bambang Purwanto menilai, keberadaan Peraturan Menteri Perindustrian nomor 3 Tahun 2021 Tentang
Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Industri Gula Dalam Rangka
Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional mengindikasikan bahwa semangat impor lebih menonjol ketimbang semangat kemandirian dan ketahanan pangan.

Menurutnya, hal itu terjadi karena para pemangku kebijakan tidak lagi memikirkan soal kepentingan bangsa dan negara akan tetapi lebih kepada memikirkan sejauh mana keuntungan bisa didapat.

"Semangat impor makin meluas kesemua sektor hal ini disebabkan karena rendahnya semangat Nasionalisme, dimulai dari penyusunan regulasi. Sisi lain semangat impor makin menjadi karena ujungnya terkait fee," sindir Anggota Komisi IV DPR RI itu kepada wartawan, Kamis (29/04/2021).

Oleh karenanya, Bambang pun menekankan agar pengawasan import-export harus lebih ketat.

Kendati demikian, Bambang mengaku tidak begitu terkejut dengan adanya Permenperind tersebut. Sebab, jelas dia, Permenperind itu ada karena merupakan bagian dari amanat UU Ciptaker itu sendiri.

"Regulasi tentang ketahanan pangan itu tertuang di dalam UU Ciptaker dimana telah dibuka secara lebar impor pangan. Jadi UU Ciptaker itu induknya, siapa yang nyetujui?," sindirnya lagi.

"Kalau aturan dibawahnya itu kan sebagai tindak lanjut saja dan eksekutif gak salah karena dasar bekerja mereka adalah regulasi yang dibuat bersama DPR, mukul balikan, Artinya fungsi legislasi tidak dijalankan sebagaimana mestinya atau legislator gak sadar pada saat bahas UU, aneh bin nyata," sambungnya.

Berita Lainnya

Nasional

Anggota DPR Desak Pertamina Selesaikan Kendala Listrik di Blok Rokan

Nasional

Bukber Online, Ibas Serap Aspirasi Pengurus NU Ngawi dan Muhammadiyah Pacitan

Nasional

Terhadang Pandemi, Ibas Rindu Dapil, Ingin Bertemu Konstituen

Nasional

Investasi Dalam Industrialisasi, Anggota DPR RI: Mahasiswa Tuban Harus Lebih Kritis

Nasional

Anggota DPR Dede Yusuf Berikan Rapor untuk Nadiem di Hardiknas 2021, Apa Hasilnya ?

Nasional

Syarief Hasan Apresiasi Kontribusi Buruh dalam Pembangunan

Nasional

Benny K. Harman: Jika Laporan Risma Benar, Maka Rezim Jokowi Lebih Kejam Dari Teroris

Nasional

Demokrat dan Bang Zul Berbagi Penganan Takjil

Berita: Nasional - Anggota DPR Desak Pertamina Selesaikan Kendala Listrik di Blok Rokan •  Nasional - Bukber Online, Ibas Serap Aspirasi Pengurus NU Ngawi dan Muhammadiyah Pacitan •  Nasional - Terhadang Pandemi, Ibas Rindu Dapil, Ingin Bertemu Konstituen •  Nasional - Investasi Dalam Industrialisasi, Anggota DPR RI: Mahasiswa Tuban Harus Lebih Kritis •  Nasional - Anggota DPR Dede Yusuf Berikan Rapor untuk Nadiem di Hardiknas 2021, Apa Hasilnya ? •  Nasional - Syarief Hasan Apresiasi Kontribusi Buruh dalam Pembangunan •  Nasional - Benny K. Harman: Jika Laporan Risma Benar, Maka Rezim Jokowi Lebih Kejam Dari Teroris •  Nasional - Demokrat dan Bang Zul Berbagi Penganan Takjil •