Sikap Kritis dan Tegas BKH Membawanya Raih Best Freedom of Speech

Kamis, 29 Oktober 2020 07:46

benny award

Soal popularitas sebagai politisi, Benny K Harman sudah lama berada di ‘ruang’ itu. Tentang pengalaman, politisi asal NTT itu juga sudah banyak makan asam garam sebagai wakil rakyat. Lugas dan memiliki kemampuan bertutur dengan sistematis, BKH, demikian ia biasa disapa, disegani para koleganya di parlemen.

Maka tak mengejutkan ketika ia diganjar kategori Best Freedom of Speech dalam ajang Teropong Democracy Award (TDA) 2020, Rabu (28/10/2020). Acara yang diinisiasi portal berita teropongsenayan.com ini diselenggarakan secara virtual dan dihadiri sejumlah tokoh publik dari lingkup pemerintah dan legislatif yang ikut mendapat anugerah penghargaan.

BKH menyatakan, kegiatan yang dilakukan Teropong Senayan adalah upaya menjaga nilai-nilai demokrasi agar tetap hidup. Anugerah penghargaan demokrasi juga bisa menjadi sarana menyoroti perkembangan demokrasi Indonesia yang belakangan ini mendapat sejumlah tantangan.

"Meskipun demokrasi salah satu sistem yang terbaik yang diakui dan dipraktikkan banyak negara dunia saat ini, namun banyak buku-buku yang saat ini melakukan kritik terhadap pelaksanaan demokrasi,’’ kata BKH dalam sambutan usai namanya disebutkan sebagai salah satu penerima award.

Anggota Komisi II DPR RI itu menilai banyak penelitian yang mengkritisi sistem ini menunjukkan adanya tantangan dari nilai-nilai demokrasi.

“Tetapi di situlah makna kehadiran Teropong Senayan yang ingin menghidupkan kembali, yang ingin merawat, yang ingin menjaga, yang ingin tetap menyalakan nilai-niai demokrasi sebagai sistem yang kita anut untuk kita tegakkan," kata legislator dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur I ini.

"Saya mengucapkan terima kasih Kepada tim juri dan tim Teropong Senayan yang telah memilih saya sebagai salah satu pemenang di ajang Teropong Democracy Award 2020," tandasnya.

Belum lama, nama BKH makin disorot karena sikap dan pernyataan tegas—bahkan cenderung keras—dalam sidang paripurna DPR untuk pengesahan RUU Cipta Kerja. Saat itu, BKH akhirnya memimpin para anggota FPD walkout dari sidang karena menilai pimpinan sidang tidak fair terhadap suara penolakan atas pengesahan RUU Omnibuslaw itu.

Di ajang ini, Fraksi Partai Demokrat mendapat award untuk kategori Voices Of Democracy, Edhie Baskoro Yudhoyoni meriah karegori Hope of Democracy sementara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dinobatkan sebagai Rising Star of Democracy. Adapun anggota FPD, Irwan (Anggota Komisi V DPR RI), Benny K. Harman (Anggota Komisi III DPR RI), Herman Khaeron (Anggota Komisi VI DPR RI) dan Syariefuddin Hasan (Wakil Ketua MPR RI) mendapat penghargaan kategori Best of Freedom Speech. (***)

 

Berita Lainya

Nasional

AHY : Pelatihan Politik Lahirkan Kader Militan Yang Akan Besarkan Partai Demokrat

Nasional

SEREMONIAL, AHY LEPAS PARA PESERTA PENDIDIKAN POLITIK DPC PARTAI DEMOKRAT SURABAYA

Nasional

Komisi VIII DPR RI Bersama Kemenag RI Sosialisasikan Pembatalan Pemberangkatan Haji 2020

Nasional

Mas Bram Kembali Berikan Bantuan pada Pengungsi Merapi

Nasional

Rencana Presiden Jokowi Kurangi Libur Akhir Tahun Kala Pandemi Corona, Ini Respon Fraksi Demokrat

Nasional

Syakir, Bocah Bocor Jantung asal Abdya Sudah di Jakarta, Segala Kebutuhan Ditanggung Teuku Riefky

Nasional

Selain Berikan Bantuan, Sartono Juga Ingatkan Masyarakat Terapkan 3M

Nasional

Balada Pilkada di Tengah Pandemi, Politikus Demokrat: Harus Tetap Berikan Pemahaman Covid-19 Belum Berakhir

Berita: Nasional - AHY : Pelatihan Politik Lahirkan Kader Militan Yang Akan Besarkan Partai Demokrat •  Nasional - SEREMONIAL, AHY LEPAS PARA PESERTA PENDIDIKAN POLITIK DPC PARTAI DEMOKRAT SURABAYA •  Nasional - Komisi VIII DPR RI Bersama Kemenag RI Sosialisasikan Pembatalan Pemberangkatan Haji 2020 •  Nasional - Mas Bram Kembali Berikan Bantuan pada Pengungsi Merapi •  Nasional - Rencana Presiden Jokowi Kurangi Libur Akhir Tahun Kala Pandemi Corona, Ini Respon Fraksi Demokrat •  Nasional - Syakir, Bocah Bocor Jantung asal Abdya Sudah di Jakarta, Segala Kebutuhan Ditanggung Teuku Riefky •  Nasional - Selain Berikan Bantuan, Sartono Juga Ingatkan Masyarakat Terapkan 3M •  Nasional - Balada Pilkada di Tengah Pandemi, Politikus Demokrat: Harus Tetap Berikan Pemahaman Covid-19 Belum Berakhir •