Selamat Jalan Bu Mukhniarty

Kamis, 28 Januari 2016 00:00

fraksidemokrat.org—Jakarta. Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI berduka. Salah satu anggotanya, Hj. Mukhniarty Basko SE, M.Si meninggal dunia, Kamis (28/01/2016) pukul 08.10 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Almarhum adalah anggota Komisi III DPR RI, anggota dewan dari daerah pemilihan Riau 1.

            Jenazah Hj Muchniarty disemayamkan dan diberikan penghormatan terakhir di lobi gedung kura-kura MPR/DPR pukul 11.00 WIB. Hadir dalam penghormatan ini, Ketua DPR Ade Komarudin, sementara upacara penghormatan dipimpin Agus Hermanto, pimpinan DPR dari FPD. Sebelumnya, sekitar pukul 10.25 Presiden keenam RI yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Prof Dr H Susilo Bambang Yudhoyono juga hadir menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhumah, dan keluarga besar FPD. Hadir dalam kesempatan ini Ketua FPD Edhie Baskoro Yudhoyono, pimpinan dan anggota FPD.

            ‘’Dengan amat dalam, kami sampaikan duka cita kepada keluarga almarhumah, mewakili DPR RI, Fraksi Partai Demokrat dan atas nama pribadi,’’ kata Agus Hermanto, dalam sambutannya.

Dikatakan, Hj Mukhniarty adalah anggota Komisi III yang berdedikasi pada pekerjaan dan tugasnya. ‘’Kita, atau khususnya kami di FPD, menyaksikan bagaimana ketekunan dan semangat beliau dan melaksanakan tugas sebagai anggota Komisi III dan sebagai anggota Fraksi. Seluruh tugasnya, sudah ditunaikan dengan baik hingga akhir hayat,’’ tambah Agus.

Usai upacara penghormatan, jenazah dishalatkan di Masjid Baiturrahman, Komplek MPR/ DPR RI. Selepas itu, jenazah diterbangkan ke Riau untuk dimakamkan oleh pihak keluarga.

Hj Mukhniarty, lahir di Padang 14 September 1960. Ia meninggalkan suami dan 7 putra dan puteri. Mukhniarty berjuang melawan kanker termasuk ketika menerima tugas sebagai anggota dewan menggantikan Sutan Sukarnotomo yang juga meninggal dunia tahun lalu.

Sebagai anggota, Mukhniarty Basko resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Ketua DPR RI Setya Novanto dalam Rapat Paripurna DPR 27 Januari 2015 lalu. Usai dilantik dan ditempaykan di Komisi III DPR RI yang membidangi hukum, HAM dan keamanan, Mukhniarty semoat menyatakan akan fokus mempelajari berbagai kasus hukum yang ada di Bumi Lancang Kuning.

Mukhniarty dilantik menjadi anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Riau 1, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 4/P Tahun 2015 tentang Peresmian Penggantian Antarwaktu Anggota DPR dan anggota MPR Masa Jabatan 2014-2019. Mukhniarty menggantikan Sutan Sukarnotomo yang meninggal dunia, 28 Oktober 2014.


Karier
Karir politik Etty Basko boleh dibilang cukup cemerlang. Karena dia baru terjun ke dunia politik menjelang Pemilu 2009. Ketika itu dia bergabung dan menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat untuk DPRD Riau.

Pada Pemilu 2009 tersebut, Etty memperoleh suara cukup besar yang meloloskan dirinya menjadi anggota DPRD Riau. "Saya terjun ke dunia politik saat menjadi caleg DPRD Riau pada Pemilu 2009. Alhamdulillah waktu itu saya terpilih menjadi anggota DPRD," ujarnya kepada Haluan Riau di ruang kerjanya yang turut didampingi Basrizal Koto dan dua orang putrinya.

Bahkan, Etty pun tidak pernah bermimpi dan berangan-angan untuk menjadi anggota DPR RI. "Saya tidak pernah bermimpi, apalagi berangan-angan untuk duduk di sini," kata Etty sambil menunjuk kursi yang sedang diduduki.

Basrizal Koto juga mengungkapkan, sang istri tidak mau menjadi caleg DPR pada Pemilu 2014 lalu. Tapi karena didorong terus akhirnya bersedia juga. "Termasuk yang mendorong itu Dheni (Dheni Kurnia, red)," kata Basko sembari menunjuk Dheni Kurnia.

Bagi Basko, duduknya Mukhniarty menjadi anggota DPR merupakan kebanggaan tersendiri bagi dirinya karena selama ini ia sudah biasa bergaul dengan banyak anggota DPR dari lintas fraksi. "Selama ini saya banyak berteman dengan anggota DPR dan sekarang istri saya sendiri yang menjadi anggota DPR," ujar Basko tersenyum.

Banyaknya teman Basko dari anggota DPR dibuktikan dengan melakukan silaturahim dengan sejumlah anggota DPR, seperti Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, Fadli Zon sejumlah anggota Dewan lainnya. "Kebanyakan dari mereka itu teman saya main golf," ujar Basko. (media-fpd/ haluankepri.com)

 

 

 

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •