Sartono Ingatkan Pemerintah: ‘’Hati-hati dengan Utang Baru’’

Selasa, 12 Januari 2021 09:38

SARTONO

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Demokrat (PD) Sartono Hutomo mengingatkan pemerintah agar waspada terhadap utang baru yang rencananya akan diperoleh di tahun 2021 nanti. Tentu saja, sikap ini penting agar utang tersebut tidak menjadi beban lebih berat lagi di masa mendatang.

‘’Pemerintah harus menentukan defisit yang aman untuk APBN. Selain itu, pengelolaan hutang juga harus hati-hati dan dijaga oleh pemerintah secara konsisten. Hutang juga harus dikelola secara bertanggung jawab, penuh perhitungan dan transparan, agar tidak menjadi beban untuk generasi mendatang,’’ kata Sartono saat interupsi di forum rapat paripurna pembukaan masa sidang III tahun 2020-2021, Senin (11/1/2021).

Sartono menegaskan, pelebaran defisit di 2021 akan memperluas ruang fiskal untuk upaya penanggulangan wabah dan pemulihan ekonomi, asal benar-benar dijalankan dengan efektif dan efisien.

‘’Namun perlu diingat risiko dari pelebaran defisit, yang nantinya akan diikuti oleh peningkatan utang luar negeri pemerintah. Pemerintah harus mewaspadai utang baru yang rencananya akan diperoleh di tahun 2021 nanti,’’ katanya. (***)

 

Berita Lainya

Nasional

Soal UMKM, Rudana Minta Kemenkop Maksimalkan Sinergi dengan Lembaga Lain

Nasional

Iuran BPJS Kembali Naik, Syarif Hasan: Pemerintah Harusnya Bantu Masyarakat Bukan Mempersulit

Nasional

Pemulihan Sektor Pariwisata, Dede Yusuf Akui Pemerintah Tidak Bisa Berbuat Banyak

Nasional

Ibas Kritisi Bantuan UMKM

Nasional

Herman Khaeron Minta Pemerintah Rawat BUMN Terdampak Pandemi

Nasional

Kepolisian Wajib Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

Nasional

Subsidi Energi Kedepan Harus Lebih Tepat Sasaran

Nasional

Anggota DPR Pertanyakan Persentase KTP-El yang Selesai dalam Pilkada 2020

Berita: Nasional - Soal UMKM, Rudana Minta Kemenkop Maksimalkan Sinergi dengan Lembaga Lain •  Nasional - Iuran BPJS Kembali Naik, Syarif Hasan: Pemerintah Harusnya Bantu Masyarakat Bukan Mempersulit •  Nasional - Pemulihan Sektor Pariwisata, Dede Yusuf Akui Pemerintah Tidak Bisa Berbuat Banyak •  Nasional - Ibas Kritisi Bantuan UMKM •  Nasional - Herman Khaeron Minta Pemerintah Rawat BUMN Terdampak Pandemi •  Nasional - Kepolisian Wajib Melindungi dan Mengayomi Masyarakat •  Nasional - Subsidi Energi Kedepan Harus Lebih Tepat Sasaran •  Nasional - Anggota DPR Pertanyakan Persentase KTP-El yang Selesai dalam Pilkada 2020 •