Sartono Darmin Nasution Salah Alamat

Kamis, 18 Februari 2016 00:00

fraksidemokrat.org—Jakarta. PernyataanMenteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yang terkesan ‘menyalahkan’ pemerintahan SBY terkait UU Minerba, terus menuai reaksi. Kali ini, anggota Komisi VI DPR RI  Sartono Hutomo menyatakan bahwa pernyataan Darmin terkait hilirisasi hasil minerba, salah alamat.

‘’Seharusnya itu ditujukan kepada pemerintah sekarang, karena Pemerintahan Pak SBY-lah yang menciptakan momentum,’’ kata Sartono, di Gedung MPR/ DPR (18/02/2016).

Menurutnya, pemerintahan lalu menyiapkan UU dan peraturan pemerintah (PP)-nya agar di kemudian hari pemerintah tidak mudah digugat oleh pengusaha tambang.

‘’Jadi harusnya bersyukur. Bukan malah menjadikannya penyebab kesulitan pemerintah sekarang.’’

Juga dikatakan, tidak sepatutnya Darmin menepuk dada dengan pertumbuhan ekonomi yang hanya 4,7%. ‘’Karena nyatanya, di sana-sini PKH terjadi, banyak rakyat kecil menjerit kesusahan karena tidak mampu membeli sembako. Sebagai anggota dewan, saya faham itu karena kami aktif berada di bawah, bersentuhan dengan masyarakat dan masalah yang mereka hadapi.’’

‘’Ingat ya, 1 tahun pemerintahan saat ini, hutangnya setara dengan 32 tahun Orde Baru berkuasa. Itu juga harus jadi bahan refleksi,’’ kata Sartoo lagi.

Terkait UU Minerba yang dikeluhkan Darmin, Sartono menyatakan, sang menteri seolah-olah lupa bahwa penentuan tanggal realisasi smelter merupakan goodwill dari semua stakeholder yang terkait dengan UU Minerba tersebut. (***)

 

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •