Salurkan Ratusan Ekor Hewan Kurban, Ibas: Semoga Dapat Meringankan Beban Kehidupan Masyarakat

Kamis, 22 Juli 2021 16:01

ibas-kurban-idul-adha-

Di momen Idul Adha 1442H, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyerahkan hewan kurban sebanyak 102 ekor (10 sapi dan 92 kambing).

Bantuan herwan kurban ini didistirbusikan ke lima lokasi, yakni Desa Kayen Pacitan, Desa Kedungguwo Magetan, Desa Gandusari Trenggalek, Desa Temon Ponorogo, dan Desa Sawo Ngawi.

Prosesi pemotongan hewan kurban ini dilakukan secara serentak pada pukul 10.00 WIB, Rabu (21/7/2021).

Mengingat kasus Covid-19 yang kian meningkat, Ibas mengerahkan sejumlah tim dan relawan untuk menerapkan dan memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan tepat.

Jumlah panitia dan penerima hewan kurban di lokasi sangat dibatasi, semua yang berada di lokasi acara diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan terlebih dahulu, dan menjaga jarak.

Selain itu, demi menghindari kerumunan massa, sejumlah relawan dikerahkan untuk membagikan bantuan dari pintu ke pintu (door to door).

Dalam video sambutannya, setelah menyerukan takbir, Ibas menyampaikan bahwa SBY menggambarkan situasi saat ini sebagai situasi yang penuh keprihatinan.

"Prihatin, begitu istilah kata disampaikan kepada kami oleh Bapak SBY. Tentu bukan keprihatinan biasa seperti kita sedang berperang dengan pihak lain, tetapi dalam situasi pandemi ini justru banyak saudara-saudara kita mengalami kesedihan, kesulitan, dan ketidakberdayaan," kata Ibas.

"Seringkali kita mendengar berita duka cita dari para sahabat, keluarga, dan handai tolan yang kalah memerangi virus. Belum lagi kita juga sering mendengar saudara-saudara kita tidak bisa bekerja, tidak punya uang, dan kesulitan biaya hidup akibat dampak pandemi ini," lanjutnya.

Terkait momen lebaran yang bertepatan dengan PPKM, Ibas menerangkan bahwa ini adalah opsi terbaik yang bisa ditawarkan pemerintah saat ini.

"MasyaAllah, wabah corona tak kunjung usai, bahkan sekarang ini kita harus kembali mengikuti anjuran pemerintah (PPKM Darurat) dari mulai ditiadakannya shalat Ied di masjid hingga ditiadakannya takbir keliling. Bisa dimengerti, hal tersebut tidak lain adalah sebagai bentuk upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia," ujarnya.

Tidak lupa, Ibas mengingatkan agar masyarakat bisa bersabar sejenak dan mematuhi segenap kebijakan yang ada.

"Untuk itu saya mengajak kita sedoyo bersabar, berkorban sejenak, dan berdoa semoga Gusti Allah memberi petunjuk pada kita semua agar pandemi segera berakhir. Kulo Edhie Baskoro Yudhoyono, Mas Ibas, sebagai Wakil Rakyat Partai Demokrat saking Dapil Jatim VII akan terus menyampaikan kepada pemerintah dan presiden agar tetap memperhatikan masyarakatnya. Bantuan secara langsung sangat dibutuhkan dari percepatan vaksinasi gratis, penyediaan obat, vitamin dan sembako untuk rakyat serta pemberian insentif untuk para dokter, nakes, dan lain sebagainya," ucapnya.

Diakui Ibas pula, Idul Adha tahun ini merupakan yang terberat. Oleh karena itu, selain berserah diri kepada Allah SWT, masyarakat harus terus mengeratkan tali persaudaraan dan mendoakan satu sama lain.

"Persatuan menjadi kunci untuk kita bisa melangkah melewati setiap cobaan ini. Bapak Ibu yang berkecukupan bisa terus peduli dan berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan, yang sehat membantu yang sedang sakit, yang muda membantu yang sepuh (tua), apapun bentuk gotong royong dan kolaborasi mari kita lakukan bersama. Dari kita, untuk kita, dan untuk semua,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Ibas mencurahkan kerinduannya terhadap semua warga di dapil.

"Saya sendiri sudah sangat rindu untuk kembali ke Dapil Jatim VII sebagai Anggota DPR RI berinteraksi mendengar aspirasi masyarakat tetapi hal ini harus kita tunda sampai situasi kembali membaik. Meskipun demikian, dalam kesederhanaan ini, izinkan saya Edhie Baskoro Yudhoyono mempersembahkan program kawalan 10 ekor sapi dan 92 ekor kambing untuk 5 kabupaten (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi, Magetan)," kata Ibas.

"InsyaAllah bermanfaat dan dapat meringankan beban biaya kehidupan masyarakat kita. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang membantu pemotongan, distribusi hingga penyaluran tepat sasaran," tandasnya.

Menanggapi sambutan dan bantuan dari Ibas, salah seorang penerima hewan kurban di Magetan, Edi Sugiarto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ibas.

"Terima kasih kepada Mas Ibas yang telah memberikan bantuan berupa hewan kurban. Semoga Mas Ibas dan keluarga selalu sehat dan tercapai cita-citanya. Semoga bantuan ini bisa membawa barokah. Kami mengucapkan banyak terima kasih dan berharap semoga ke depannya, di tahun-tahun ke depan, kami mendapatkan kembali kepercayaan yang sama. Bantuan ini sangat bermanfaat di masa pandemi, kami jadi bisa mendapatkan tambahan gizi," ujar Edi.

Di kesempatan yang sama, Muhammad Sohim, Anggota DPRD Kab. Magetan juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ibas.

"Selamat hari raya Idul Adha kepada Mas Ibas dan keluarga. Semoga Mas Ibas senantiasa diberikan keberkahan, kenikmatan, dan perlindungan. Terima kasih untuk bantuan hewan kurbannya. Semoga bantuan ini senantiasa bermanfaat bagi Mas Ibas dan semua penerimanya. Kami berdoa agar Mas Ibas sehat dan senantiasa jaya di masa-masa yang akan datang,” katanya.

 

Berita Lainnya

Nasional

Demokrat Ajak Kawal Pemilu 2024

Nasional

Buntut Soal Pemecatan Hakim Konstitusi Aswanto, Benny K Harman Tawarkan 4 Opsi, Salah Satunya Presiden Tidak Terbitkan Keppres

Nasional

Puluhan Peserta Jaringan Hero Center Ikuti Diklatsar

Nasional

Willem Wandik Sampaikan Sakit Hati Masyarakat Papua atas Pernyataan Menko Polhukam

Nasional

Santoso: F-PD Siap Lakukan Perubahan dan Perbaikan

Nasional

BKSAP DPR Harap Parlemen Uni Eropa Lebih Membuka Diri Kerja Sama dengan Indonesia

Nasional

Pertanyakan Anggaran hingga Sosok Setara Dirjen, Komisi X Tagih Output ‘Tim Bayangan’ Nadiem Makarim

Nasional

Gas Melon Mau Diganti Kompor Induksi, Legislator Demokrat: Bagaimana Nasib Pedagang Kaki Lima?

Berita: Nasional - Demokrat Ajak Kawal Pemilu 2024 •  Nasional - Buntut Soal Pemecatan Hakim Konstitusi Aswanto, Benny K Harman Tawarkan 4 Opsi, Salah Satunya Presiden Tidak Terbitkan Keppres •  Nasional - Puluhan Peserta Jaringan Hero Center Ikuti Diklatsar •  Nasional - Willem Wandik Sampaikan Sakit Hati Masyarakat Papua atas Pernyataan Menko Polhukam •  Nasional - Santoso: F-PD Siap Lakukan Perubahan dan Perbaikan •  Nasional - BKSAP DPR Harap Parlemen Uni Eropa Lebih Membuka Diri Kerja Sama dengan Indonesia •  Nasional - Pertanyakan Anggaran hingga Sosok Setara Dirjen, Komisi X Tagih Output ‘Tim Bayangan’ Nadiem Makarim •  Nasional - Gas Melon Mau Diganti Kompor Induksi, Legislator Demokrat: Bagaimana Nasib Pedagang Kaki Lima? •