Rizki Natakusumah: ‘’RUU PDP Jangan Abaikan Kenyataan’’

Sabtu, 16 Januari 2021 10:24

Rizki Suara-com

Fakta bahwa masih banyak masyarakat Indonesia belum melek teknologi, harus menjadi pertimbangan penting dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).

‘’Jangan sampai kita melupakan kenyataan di luar. Kita seakan-akan menganggap masyarakat kita sudah sangat akrab dengan teknologi informasi, sudah canggih. Padahal masih banyak di desa-desa yang belum melek teknologi,’’  kata anggota Komisi I dari FPD, Rizki Natakusumah, dalam rapat panja pembahasan DIM RUU PDP antara Komisi I DPR RI dengan pemerintah di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Menurut Rizki, meskipun secara umum penggunaan teknologi informasi makin memasyarakat, masih banyak juga yang belum mampu memanfaatkannya karena berbagai alasan. Entah karena ketersediaan alat, atau keterampilan.

‘’Sebagai contoh, saya dari Banten. Di desa-desa di wilayah Serang atau Pandeglang misalnya, banyak input-input data-data Kesehatan dengan cara non elektronik,’’ kata politisi muda ini.

Karena itu, tukas Rizki, Kemkominfo perlu mengakomodir kepentingan pengaturan data non-elektronik dalam RUU PDP ini.

Dalam konteks ini pula Rizki menegaskan, ‘’Kalau pun ada perbedaan antara RUU PDP dengan undang-undang lain, selama menyangkut dengan pengaturan terkait data pribadi, maka kiblatnya adalah undang-undang yang akan kita bentuk ini.’’

‘’Jadi tidak perlu deadlock, rumuskan saja. Saya minta Menkominfo mengakomodir keinginan komisi I tersebut,’’ tambahnya.

Dalam rapat ini, Komisi I DPR Ri juga meminta pemerintah mengklasifikasikan kriteria hak perlindungan data baik pengguna data elektronik maupun non-elektronik untuk menghindari terjadinya masalah pidana di kemudian hari. Hak tersebut meliputi pengaksesan data, pemrosesan data, serta penghapusan data milik pengguna yang diatur dalam RUU PDP. (***)

 

 

 

Berita Lainnya

Nasional

Ibas Buka Suara, Tegaskan Dukung AHY di Demokrat

PD Minta Perpres Investasi Miras Ditinjau Ulang!

Nasional

Demokrat Sulteng: Segera Tertibkan Kader yang Bersekongkol dengan Pengacau

Nasional

Anggota Komisi IV DPR RI dan BBPP Batu Harapkan Petani Punya Inovasi

Nasional

Lagi-lagi, Bang Zul Anggota DPR RI F-PD Terobos Banjir Bantu Korban Banjir di Kota Tangerang

Nasional

Demokrat Usul Omnibus Law UU Pemilu

Nasional

AHY Ungguli Sejumlah Ketua Umum Parpol di Survei Capres, Cuma Kalah dari Prabowo

Nasional

Politikus Demokrat: Kerumunan Jokowi di NTT Contoh Pelanggaran Protokol COVID-19

Berita: Nasional - Ibas Buka Suara, Tegaskan Dukung AHY di Demokrat •  - PD Minta Perpres Investasi Miras Ditinjau Ulang! •  Nasional - Demokrat Sulteng: Segera Tertibkan Kader yang Bersekongkol dengan Pengacau •  Nasional - Anggota Komisi IV DPR RI dan BBPP Batu Harapkan Petani Punya Inovasi •  Nasional - Lagi-lagi, Bang Zul Anggota DPR RI F-PD Terobos Banjir Bantu Korban Banjir di Kota Tangerang •  Nasional - Demokrat Usul Omnibus Law UU Pemilu •  Nasional - AHY Ungguli Sejumlah Ketua Umum Parpol di Survei Capres, Cuma Kalah dari Prabowo •  Nasional - Politikus Demokrat: Kerumunan Jokowi di NTT Contoh Pelanggaran Protokol COVID-19 •