Putu Supadma Berharap AS Wujudkan Indonesia Jadi Mitra Utama Kawasan Asia Pasifik

Selasa, 16 November 2021 14:14

pak putu - AH

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana MBA. menyambut baik niat parlemen Amerika Serikat dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai mitra utama untuk kawasan Asia Pasifik.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini berharap kunjungan tersebut dapat meningkatkan hubungan kedua negara khususnya antar parlemen.

“Kita berharap ke depan hubungan dalam bidang demokrasi ditingkatkan bagaimana Amerika akan menjadikan Indonesia menjadi mitra Utama untuk kawasan Asia Pasifik,” ucap Putu Supadma Rudana dalam konferensi pers bersama dengan Ketua Subkomite Parlemen AS untuk Asia Pasifik, Ami Bera di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (12/11/2021).

Konferensi bersama dilakukan usai DPR RI menerima delegasi parlemen AS di rapat pimpinan DPR. Dalam pertemuan tersebut DPR RI dipimpin Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick Paulus, Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana, Charles Honoris dan Anggota Komisi I DPR yang membidangi hubungan luar negeri Dave Akbarshah Fikarno (Dave Laksono).

Sedangkan delegasi parlemen AS dipimpin Ketua Subkomite Parlemen AS untuk Asia Pasifik Ami Bera dan anggota parlemen AS lainnya.

Putu Supadma menyampaikan pertemuan DPR RI dengan parlemen AS merupakan momentum yang baik karena diakui tantangannya tidak mudah dalam masa pandemi Covid-19 yang masih menjadi ancaman hingga saat ini.

“Setelah 16 bulan kita bergelut dengan permasalahan pandemi tentu kedepan kita perlu memberikan perhatian peningkatan hubungan Antara Amerika dengan Indonesia,” ucap Putu Supadma.

Lebih jauh, Anggota DPR dari daerah pemilihan Bali ini menjelaskan berdasarkan populasi penduduk, AS merupakan negara berpenduduk terbesar ketiga di dunia, sedangkan Indonesia mengikuti dengan negara berpenduduk keempat terbesar di dunia.

Dari besarnya jumlah populasi penduduk kedua negara itu, kedua negara juga memiliki sistem demokrasi yang diakui dunia sebagai negara paling menghargai kebebasan demokrasi warga negaranya.

“Kita berdua adalah negara pertama dan kedua terbesar dalam bidang demokrasi,” tegas Putu Supadma.

Ia berharap momentum ini bisa menjadi perekat hubungan diplomasi yang lebih erat lagi di masa mendatang.

“Dan pada akhirnya diharapkan memberikan manfaat dan kesejahteraan seluas-luasnya bagi warga negara kedua bangsa,” tegas Putu.

Harapan itu meliputi peningkatan dari bermacam-macam bidang antara lain hubungan perdagangan, kesehatan.

“Tadi dibahas hubungan pertahanan juga yang diharapkan ditingkatkan di masa-masa mendatang,” imbuh Putu Supadma.

Di tempat sama, Ketua Subkomite Parlemen AS untuk Asia Pasifik, Ami Bera mengatakan kunjungannya menemui pimpinan DPR RI merupakan kehormatan.

Anggota Kongres AS dari negara Sacramento, AS ini mengatakan pada kunjungannya ini ia juga didampingi sejumlah Anggota Kongres AS dari negara bagian lainnya antara lain California, Virginia, dan Seattle.

Ami mengungkapkan rencana kunjungan ke Indonesia sebenarnya sudah diagendakan sejak 6 bulan lalu, namun karena terjadi pandemi Covid-19 sehingga rencana itu ditunda dan baru terealisasi sekarang.

“Saya ingin memuji tanggapan dari pemerintah Indonesia dan juga rakyat Indonesia, yang telah berhasil menangani pandemi Covid-19,” kata Ami.

Ancaman Covid-19, menurutnya masih menjadi tantangan di masa depan. Oleh karena itu, ia mengajak bangsa Indonesia bersama-sama AS bekerja keras bersama-sama menanggulangi dna mengendalikan Covid-19 lebih erat lagi.

“Kongres Amerika Serikat berkeinginan untuk terus bekerja sama dengan republik Indonesia agar kita bisa kami menyediakan vaksin untuk kita bisa mengalahkan Covid-19,” ujar Ami.

Kunjungan parlemen AS, sambung Ami memiliki tujuan strategis. Karena AS menyadari bahwa Indonesia merupakan negara penting yang memiliki pengaruh kuat di kawasan Asia Tenggara.

“Sebagai negara terbesar keempat di seluruh dunia (Indonesia) dan sebagai negara terbesar kedua di seluruh di dunia (Amerika Serikat), kami percaya bahwa Amerika Serikat dan Indonesia harus memiliki hubungan yang lebih kokoh,” kata Ami.

Oleh karena itu, AS mengajak Indonesia untuk mewujudkan kawasan Indo Pasifik yang damai dan makmur dengan menciptakan stabilitas politik dan keamanan.

“Kami juga bekerja sama untuk mewujudkan kawasan Indo Pasifik yang damai, makmur dan stabil dan bersama-sama dengan Indonesia,” tegas Ami lagi.

Di akhir sambutannya, Ami menyinggung rencana kunjungan balasan. Yaitu mengundang DPR RI berkunjung ke AS untuk semakain memperkokoh hubungan bilateral kedua negara.

“Kami juga menantikan untuk bisa bekerja sama dengan para anggota DPR RI saat para anggota DPR berkunjung ke Amerika Serikat dalam tujuan memperkokoh hubungan kedua negara kita,” pungkas Ami.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

( sumber : balipuspanews.com )

Berita Lainnya

Nasional

Respon Positif Surat KPU Percepat Pembahasan Jadwal Pemilu, Anwar Hafid: Lebih Cepat Lebih Baik

Nasional

Legislator PD Minta Mensos dan Kepala BNPB Pastikan Kelancaran Tanggap Darurat Semeru

Nasional

Legislator Demokrat Minta Pemerintah Perketat Pintu Masuk Imigrasi Cegah Varian Omicron

Nasional

China Minta Indonesia Hentikan Pengeboran Minyak di Natuna, Legislator Desak Pemerintah Bersikap Tegas

Nasional

China Minta Indonesia Hentikan Pengeboran Minyak di Natuna, Legislator Desak Pemerintah Bersikap Tegas

Nasional

China Minta Indonesia Stop Ngebor Minyak, Rizki Aulia: Jangan Takut, Aktivitas RI Di LCS Legal Secara Hukum Internasional

Nasional

Anggota DPR RI H.Nanang Samodra Salurkan Bansos di Lombok NTB

Nasional

MK Putuskan UU Cipta Kerja Inkonsistensi, Benny Harman: Pelajaran Bagi Penguasa Jangan Abaikan Suara Rakyat

Berita: Nasional - Respon Positif Surat KPU Percepat Pembahasan Jadwal Pemilu, Anwar Hafid: Lebih Cepat Lebih Baik •  Nasional - Legislator PD Minta Mensos dan Kepala BNPB Pastikan Kelancaran Tanggap Darurat Semeru •  Nasional - Legislator Demokrat Minta Pemerintah Perketat Pintu Masuk Imigrasi Cegah Varian Omicron •  Nasional - China Minta Indonesia Hentikan Pengeboran Minyak di Natuna, Legislator Desak Pemerintah Bersikap Tegas •  Nasional - China Minta Indonesia Hentikan Pengeboran Minyak di Natuna, Legislator Desak Pemerintah Bersikap Tegas •  Nasional - China Minta Indonesia Stop Ngebor Minyak, Rizki Aulia: Jangan Takut, Aktivitas RI Di LCS Legal Secara Hukum Internasional •  Nasional - Anggota DPR RI H.Nanang Samodra Salurkan Bansos di Lombok NTB •  Nasional - MK Putuskan UU Cipta Kerja Inkonsistensi, Benny Harman: Pelajaran Bagi Penguasa Jangan Abaikan Suara Rakyat •