Penyelenggaraan Pendidikan Luar Kampus Perlu Perhatikan Kerja Sama dengan PTS Setempat

Rabu, 23 November 2022 11:11

pak DY (2)

Ketua Panitia Kerja (Panja) Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI, Dede Yusuf menyampaikan pandangan hasil dari Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi X DPR RI dengan beberapa rektor perguruan tinggi yang menyelenggarakan Unit Pendidikan di Luar Kampus. Yaitu, dari Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Terbuka.

Dibacakan oleh Dede Yusuf, Panja Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI mendorong kemendikbud RI dan para perguruan tinggi agar dalam penyelenggaraan pendidikan di luar kampus utama untuk memperhatikan kerja sama dengan perguruan tinggi daerah terutama PTS setempat.

“Sehingga, terjadi sinergi dalam peningkatan akses, pemerataan, mutu, dan relevansi pendidikan tinggi.” ujar ketua panja Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI Dede Yusuf di Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2022)

Lebih lanjut, Komisi X DPR RI juga mendorong Kemendikbudristek RI dan para perguruan tinggi agar dalam pembukaan penyelenggaraan pendidikan di luar kampus, diselenggarakan pula di daerah terpencil sehingga terjadi pemerataan akses dan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

“(Komisi X DPR RI) Mendorong Kemendikbudristek RI untuk membuat peraturan yang jelas mengenai kampus luar negeri yang masuk ke Indonesia melalui kerjasama dengan pemerintah maupun institusi pendidikan  setempat,” terang politisi yang juga wakil Ketua Komisi X DPR RI.

Di akhir, Komisi X DPR RI mendorong Kemendikbudristek RI membuat pola reward berbasis output yang dihasilkan oleh perguruan tinggi skala nasional dan internasional. Selain itu juga memperkuat kolaborasi dan kerjasama untuk meningkatkan daya saing di antara perguruan tinggi besar.

“Kami meminta para narasumber tetap aktif memberikan masukan kepada pemerintah untuk menyempurnakan kebijakan perguruan tinggi dengan memberikan kontribusi pemikiran secara kritis terhadap pembangunan pendidikan,” pungkas Politisi Partai Demokrat itu.

Terdapat beberapa agenda yang dilaksanakan dalam RDPU Panja Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI, agenda tersebut yakni Pengelolaan penyelenggaraan pendidikan di luar kampus utama, Evaluasi penyelenggaraan dan pengelolaan Perguruan Tinggi Negeri, serta Masukan dan rekomendasi untuk penyelenggaraan dan pengelolaan Perguruan Tinggi Negeri. (hal,frh/rdn)

( sumber : dpr.go.id )

Berita Lainnya

Nasional

Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa

Nasional

Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

Nasional

Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut

Nasional

Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini

Nasional

Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding

Nasional

Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022

Nasional

Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa

Nasional

Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan

Berita: Nasional - Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa •  Nasional - Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya •  Nasional - Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut •  Nasional - Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini •  Nasional - Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding •  Nasional - Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022 •  Nasional - Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa •  Nasional - Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan •