Penemuan CVR SJ-182 Memudahkan KNKT Ungkap Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air

Sabtu, 03 April 2021 16:29

sriwijaya air

Anggota Komisi V DPR Irwan menilai penemuan Cockpit Voice Recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ-182, akan memudahkan KNKT dalam menginvestigasi penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

Menurutnya, data CVR akan menunjukkan perbincangan antara pilot dan co pilot di dalam kokpit, sebelum pesawat tersebut jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

"Data penting dibutuhkan dari FDR dan CVR, disamping mencari tahu penyebab terjatuhnya pesawat tersebut, juga untuk perbaikan kelaikan dan keselamatan penerbangan tanah air ke depan," kata Irwan, Kamis (1/4/2021).

Irwan menyebut, sebelumnya data yang ada di dalam Flight Data Recorder (FDR) sudah berhasil diunduh, dan pihak KNKT telah memberikan keterangan awal pada Februari 2021.

"Data tersebut sangat berharga, apalagi ditemukan beberapa hal di dalamnya dan sudah disampaikan di komisi V DPR RI dan juga masyarakat," tuturnya.

Diketahui, modul Crash Survivable Memory Unit (CSMU) dari Cockpit Voice Recorder (CVR) PK-CLC, bagian terakhir blackbox pesawat Sriwijaya Air SJ-182 berhasil ditemukan di perairan antara Pulau Lakki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

CVR ditemukan pada Selasa (30/3/2021), sekitar pukul 20.00 WIB oleh Kapal TSHD King Arthur 8.




Berita Lainnya

Nasional

Kemendikbud dan Kemenristek Dilebur, DPR: Peran BRIN Harus Independen

Nasional

Politikus Demokrat: RUU Perampasan Aset Sangat Urgent

Nasional

Syukuran KLB Demokrat Deli Serdang Ditolak, Achmad Ajak Kader Kembali Lakukan Kerja Nyata untuk Rakyat

Nasional

Wakil Ketua MPR Minta Peran Aktif Masyarakat Tangkal Radikalisme

Nasional

Jangan Sampai Negara Dikelola Ugal-ugalan, DPR Siap Panggil PLN dan ESDM Soal Rencana Kenaikan Tarif Listrik

Nasional

Nanang Respons Isu Merek atau Logo Demokrat

Nasional

Anggota DPR dukung konten RUU Kejaksaan harus dirumuskan komprehensif

Nasional

Rasa Keadilan Harus Bisa Didapatkan dalam RUU Kejaksaan

Berita: Nasional - Kemendikbud dan Kemenristek Dilebur, DPR: Peran BRIN Harus Independen •  Nasional - Politikus Demokrat: RUU Perampasan Aset Sangat Urgent •  Nasional - Syukuran KLB Demokrat Deli Serdang Ditolak, Achmad Ajak Kader Kembali Lakukan Kerja Nyata untuk Rakyat •  Nasional - Wakil Ketua MPR Minta Peran Aktif Masyarakat Tangkal Radikalisme •  Nasional - Jangan Sampai Negara Dikelola Ugal-ugalan, DPR Siap Panggil PLN dan ESDM Soal Rencana Kenaikan Tarif Listrik •  Nasional - Nanang Respons Isu Merek atau Logo Demokrat •  Nasional - Anggota DPR dukung konten RUU Kejaksaan harus dirumuskan komprehensif •  Nasional - Rasa Keadilan Harus Bisa Didapatkan dalam RUU Kejaksaan •