Pemerintah Harus Tingkatkan Koordinasi Penanganan Covid-19, Politikus PD: Jangan Sampai Dianggap Negara Gagal

Kamis, 08 Juli 2021 21:43

Kepala Departemen Perekonomian Nasional Partai Demokrat (PD) Sartono Hutomo meminta,agar semua pihak baik Kementerian, lembaga hingga pemerintah provinsi kabupaten dan kota dapat melakukan koordinasi dan kolaborasi dalam penanganan covid-19 di tanah air.

Pasalnya, menurut Sartono begitu ia disapa, pandemi ini sedianya telah mengajarkan agar bangsa Indonesia dapat selalu merapatkan barisan serta kembali membangkitkan sisi kemanusiaan.

“Pandemi ini mengajarkan kita merapatkan barisan, membangkitkan lagi sisi kemanusiaan, sehingga permasalahan bangsa dapat diatasi bersama,” tegas Sartono kepada awak media, Selasa, (6/7/2021).

Koordinasi dan kolaborasi tersebut, kata Sartono, diperlukan lantaran saat ini kasus covid-19 terus melonjak yang dibarengi dengan angka kematian tinggi, rumah sakit kolaps, BOR dan tren rawat inap meningkat drastis hingga kebutuhan oksigen isi ulang yang terus meningkat.

pak sartono h

“Ditambah dengan terjadinya penurunan kemampuan fasilitas kesehatan dalam pelayanan covid-19 karena adanya ketidakseimbangan antara sumber daya yang dimiliki dengan lonjakan jumlah pasien. Ini keadaan darurat, ini keadaan krisis,” papar Sartono.

Sartono juga menegaskan, koordinasi dan kolaborasi tersebut sedianya dapat dibarengi dengan keputusan untuk menghadirkan vaksin yang lebih cespleng atau manjur.

“Contoh negara yang saat ini berhasil dan sudah hidup normal (sebut saja pfizer),” tutur Sartono.

Sartono menekankan, bahwa penanganan corona jika tidak dibarengi dengan kehadiran vaksin yang berkualitas akan terasa percuma. Hal ini termasuk dalam pemberian dan penyaluran bansos di masa PPKM Darurat ini.

“Maka semua akan terulur-ulur kondisinya. Oleh sebab itu, diperlukan revolusi mental dalam pengertian vaksinasi dan pentingnya penanganan covid-19,” papar Sartono.

Sartono berharap, agar Indonesia tidak diam, apalagi gagal dalam penanganan covid-19 di Indonesia. Oleh sebab itu diperlukan ikhtiar bersama dalam penanganan covid-19 ini.

“Keluarga kita, sahabat kita dan lungkungan kita sudah banyak yang terpapar dan ada yang beberapa meninggal dunia ? Sampai kapan Negara diam ? Tolong Negara hadir. Jangan sampai dianggap sebagai Fail Nation atau negara gagal tangani covid-19.Malu kita bersama,” ungkap Sartono.

Laporan: Sulistyawan

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •