Pemasangan Jargas Tak Ada Kepastian, Bang Zul Minta PGN dan Kementerian ESDM Bangun Komunikasi yang Baik

Minggu, 31 Januari 2021 07:25

pak Zul

Jaringan pipa gas amat sangat dibutuhkan masyarakat. Termasuk masyarakat Tangerang. Rencana pemasangan jaringan pipa gas (jargas) di sejumlah wilayah Tangerang tak kunjung ada kepastian. Di sisi lain, terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kilogram.

Anggota Komisi VII DPR RI Zulfikar Hamonangan, SH angkat suara menyikapi persoalan yang dihadapi masyarakat. Ia pun kerap menerima aspirasi dan keluhan masyarakat terkait tak jelasnya jaringan pipa gas dan kelangkaan gas elpiji 3 kilogram.

Terkait tak jelasnya pemasangan jaringan pipa gas, ia menilai adanya komunikasi yang kurang baik antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Jika tidak ada komunikasi yang baik antara PT PGN dengan Kementerian ESDM, saya yakin target pemasangan dua juta sambungan hingga akhir 2022 akan sulit tercapai,” kata Bang Zul, sapaan Zulfikar, Jumat (29/1/2021).

Bang Zul mengatakan, dengan duduk bersama, PT PGN dan Kementerian ESDM akan dapat mengetahui kendala-kendala yang terjadi.

Dikatakan Bang Zul, sering sekali pada praktiknya masyarakat yang membutuhkan jaringan pipa gas kesulitan dalam pengurusan. Bahkan, ada yang dikenakan biaya oleh oknum. Padahal, jelas-jelas program pemasangan instalasi jargas ini digratiskan.

Saat ini, dengan pertumbuhan penduduk yang makin meningkat dan banyaknya warga yang berada di rumah karena work from home (WFH) begitu membutuhkan komoditi ini. Sementara, terjadi kelangkaan tabung gas 3 kilogram di beberapa pangkalan. Sering juga terjadi antrean atau rebutan antar-masyarakat untuk mendapatkan gas 3 kilogram tersebut.

“Oleh karena itu, saya meminta program jargas ini dapat dipercepat dan ada upaya solusi agar program ini terealisasi. Kalau tidak, rencana yang baik hanya jadi mimpi belaka. Kendala-kendala di lapangan, termasuk persoalan dengan pimpinan daerah seharusnya bukan hal yang sulit, jika PGN dan Kementerian ESDM memanggil pimpinan daerah atas mekanisme izin pemasangan jaringan yang dimohonkan masyarakat,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Bang Zul mengatakan, sebagai anggota Komisi VII DPR RI yang salah satunya membidangi energi, seringkali menerima pengaduan dari masyarakat di daerah pemilihannya (dapil Banten tiga).

Masyarakat mengadukan tidak adanya kejelasan dan kepastian untuk pemasangan jargas. Ini dialaminya ketika bertemu dengan masyarakat Komplek Sekretariat Negara (Setneg), Kota Tangerang.

“Masyarakat sana merasa dipingpong.
Mereka tidak mendapat kepastian kapan dipasangkan jaringan. Padahal, konsumen yang minat sangat banyak sekali. Untuk itu, saya meminta agar masyarakat diberi kepastian dan umumkan pada masyarakat bahwa program ini gratis. Tindak tegas jika ada oknum yang memungut biaya ke masyarakat. PT PGN merupakan perusahaan BUMN yang membutuhkan banyak konsumen dan jika PGN tidak mampu, bekerja sama dengan swasta agar ada solusi untuk masyarakat,” tegas Kepala Badan Pembinaan Jaringan Konstituen DPP Partai Demokrat ini. (t7/set)

 

Berita Lainnya

Nasional

Sambut Ramadhan, TRH Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim

Nasional

Gelar FGD, Wakil Ketua MPR Tampung Aspirasi Akademisi Soal GBHN

Nasional

Wastam : Pengawasan Bantuan Harus Diperketat

Nasional

Kemiskinan dan Pengangguran Meningkat, Marwan Dorong Pemerintah Maksimalkan Ruang Fiskal

Irwan Minta Pemerintah Konsisten Larang Mudik Lebaran

Nasional

Dhevy Bijak Gelar Doa Bersama Partai Demokrat

Nasional

Demokrat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di NTB dan NTT

Nasional

Anggota DPR RI H Abdul Wahab Dalimunthe SH: Kader Demokrat Diminta Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh dengan Manuver Politik Pihak Luar

Berita: Nasional - Sambut Ramadhan, TRH Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim •  Nasional - Gelar FGD, Wakil Ketua MPR Tampung Aspirasi Akademisi Soal GBHN •  Nasional - Wastam : Pengawasan Bantuan Harus Diperketat •  Nasional - Kemiskinan dan Pengangguran Meningkat, Marwan Dorong Pemerintah Maksimalkan Ruang Fiskal •  - Irwan Minta Pemerintah Konsisten Larang Mudik Lebaran •  Nasional - Dhevy Bijak Gelar Doa Bersama Partai Demokrat •  Nasional - Demokrat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di NTB dan NTT •  Nasional - Anggota DPR RI H Abdul Wahab Dalimunthe SH: Kader Demokrat Diminta Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh dengan Manuver Politik Pihak Luar •