PD Tolak Usul MUI Jabatan Presiden 1 Periode: RI Maju 10 Tahun Dipimpin SBY

Rabu, 21 Oktober 2020 08:18

marwan-cik-hasan_43  

Partai Demokrat (PD) menolak usul Komisi Fatwa MUI perihal masa jabatan presiden hanya satu periode dengan durasi 7-8 tahun. PD menilai tidak ada yang salah dengan ketentuan masa jabatan presiden saat ini.

"Apa masalahnya dengan masa jabatan presiden 5 tahun dan dapat dipilih kembali, total 10 tahun melalui mekanisme pemilu langsung? Sepuluh tahun Pak SBY memimpin, Indonesia sangat maju dan berkembang," kata Waketum PD Marwan Cik Asan kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Marwan menegaskan ketentuan masa jabatan presiden sudah jelas tertuang dalam UUD 1945. Anggota DPR RI itu menyarankan semua pihak agar mengikuti kesepakatan yang telah ditetapkan, sebagaimana dalam UUD 1945..

"Saya pikir terkait jabatan presiden kan sudah jelas dalam UUD 45 hasil amandemen. Saya pikir kita konsekuen saja dengan kesepakatan kebangsaan yang sudah kita buat," ucap Marwan.

"Saya pikir kita konsekuen saja dengan kesepakatan kebangsaan yang sudah kita buat. Lebih baik energi bangsa saat fokus menghadapi COVID ini, baik dari sisi kesehatan maupun pemulihan ekonominya," imbuhnya.

 

Seperti diketahui, Komisi Fatwa MUI mengusulkan rancangan pembahasan masa periode presiden menjadi satu kali saja. Dalam satu periode itu, nantinya presiden terpilih akan memimpin selama tujuh atau delapan tahun.

"Usulannya begini, di presiden itu sekali saja, tapi ditambah (jadi) 7 tahun atau 8 tahun, gitu kan, tidak boleh dipilih kembali," ujar Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF saat dihubungi, Senin (19/9).

Usul tersebut nantinya akan disampaikan dalam Munas MUI 2020. Rencananya, Munas MUI 2020 akan digelar pada 25-28 November 2020.

 


Berita Lainnya

Nasional

Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali

Nasional

Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan

Nasional

Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah

Nasional

Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu

Nasional

Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Nasional

BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma

Nasional

Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo

Nasional

Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada

Berita: Nasional - Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali •  Nasional - Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan •  Nasional - Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah •  Nasional - Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu •  Nasional - Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri •  Nasional - BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma •  Nasional - Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo •  Nasional - Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada •