Nanang Samodra : Kekuatan Kita ada di Sektor Pertanian !!

Sabtu, 27 Mei 2023 16:04

bpk nanang dpr

Program bantuan ternak yang disalurkan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Komisi VIII DPR RI di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023 ini menjadi role model di Indonesia.

BPKH menilai bantuan ternak cukup efektif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program ini pun akan dilakukan secara berkesinambungan ke depan.

"Alhamdulillah apa yang kita lakukan di Lombok, NTB ini akhirnya menjadi role model nasional," kata Anggota Komisi VIII DPR RI, Ir. H. Nanang Samodra KA., M.Sc., Jumat 26 Mei 2023 di Mataram.

bpk nanang dpr 2

Pada awal Maret 2023 lalu, Nanang Samodra bersama pejabat perwakilan BPKH menyalurkan sekitar 168 ekor ternak Sapi untuk 21 kelompok petani peternak di empat Kabupaten di Pulau Lombok, NTB.

Polanya penggemukan. Untuk mendampingi para peternak, program ini juga menyertakan konsultan dari swasta.

"Polanya penggemukan, sehingga bantuan Sapi jantan. Tiap kelompok dapat 8 ekor. Nantinya kalau sudah siap jual mereka bisa menjual untuk keperluan, kemudian membeli bibit lagi yang penting jumlah tetap 8 ekor," kata Nanang.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, program ini diusulkan pada 2022. Saat itu Komisi VIII DPR RI mendapat alokasi dana pemberdayaan masyarakat dari BPKH. Sebagai perwakilan rakyat dari dapil Lombok NTB, Nanang pun mengusulkan untuk program bantuan ternak. Hal itu pun bisa terealisasi Maret tahun ini.

Menurut Nanang, pendekatan di sektor pertanian secara luas termasuk peternakan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, di NTB maupun secara nasional.

Mantan Sekda NTB di era 2000-an ini menekankan, sektor pertanian masih menjadi andalan dan kekuatan ekonomi masyarakat. "Meski saya ini lulusan teknik, tapi jiwa saya pertanian. Saya rasa pertanian dalam arti luas adalah kekuatan kita. Bantuan ternak ini efektif, karena masyarakat kita terutama di pedesaan masih terbatas skill," katanya.

"Meski saya ini lulusan teknik, tapi jiwa saya pertanian. Saya rasa pertanian dalam arti luas adalah kekuatan kita. Bantuan ternak ini efektif, karena masyarakat kita terutama di pedesaan masih terbatas skill," katanya.

Selain itu, beternak juga merupakan budaya agraris yang sudah terbukti sekian lama menjadi penggerak ekonomi masyarakat di pedesaan.

Ir. H. Nanang Samodra KS., M.Sc., sudah dua periode menjabat DPR RI. Dalam Pileg kali ini, incumbent dari Partai berlambang Mercy ini kembali berikhtiar maju melalui Dapil Lombok.

Nanang mengatakan, ikhtiarnya memperjuangkan aspirasi masyarakat Lombok, NTB akan tetap terfokus pada peningkatan daya saing dan ekonnomi kemasyarakatan melalui sektor pertanian secara luas.

"Menurut saya, kekuatan kita ada di sektor pertanian. Sehingga untuk pemberdayaan masyarakat sektor ini yang kami dorong. Jeruti Arak Telu, Bukti Sak Perlu," ujarnya.

( sumber : mandalikapost.com )

 

 


Berita Lainnya

Nasional

Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali

Nasional

Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan

Nasional

Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah

Nasional

Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu

Nasional

Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Nasional

BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma

Nasional

Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo

Nasional

Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada

Berita: Nasional - Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali •  Nasional - Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan •  Nasional - Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah •  Nasional - Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu •  Nasional - Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri •  Nasional - BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma •  Nasional - Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo •  Nasional - Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada •