Musibah Nanggala 402, Anggota DPRR-RI Fraksi Demokrat Darizal Basir: Ini Duka Bangsa dan Duka Kita Semua

Rabu, 28 April 2021 03:06

pak darizal

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI H. Darizal Basir mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas gugurnya prajurit TNI dan seluruh kru dalam musibah kapal selam KRI Nanggala 402.

“Ikut merasakan dukacita yang mendalam atas musibah Nanggala 402 dan gugurnya seluruh prajurit TNI beserta kru yang melaksanakan tugas kenegaraan,” ungkap Darizal Basir, Senin (26/4/2021).

Politisi Partai Demokrat itu menyatakan, para prajurit tersebut meninggal dalam perjuangan dan gugur sebagai syuhada. Kepada keluarga yang ditinggalkan, ia mendoakan agar diberi kekuatan iman dan keikhlasan dalam menghadapi cobaan tersebut.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan keikhlasan menghadapi musibah ini,ini merupakan duka bangsa dan duka kita semua,’ tambahnya.

Darizal Basir, yang merupakan purnawirawan perwira TNI ini menegaskan, agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan menjadikan musibah Nanggala 402 sebagai bahan evaluasi atas peralatan utama sistem persenjataan (Alutsista) yang dimiliki.

“Alutsista hendaknya dievaluasi, dan perawatannya harus menjadi perhatian. Kalau sudah tua dan secara teknis tidak layak operasi, harus di-grounded dan dimodernisasi sesuai kebutuhan,” tegasnya.

Darizal Basir meminta pemerintah untuk memeriksa seluruh peralatan operasional militer yang dimiliki untuk memastikan seluruhnya dalam kondisi laik operasi. “Kita tidak ingin mendengar ada prajurit yang gugur karena peralatan yang tidak layak,” ujarnya.

Darizal juga menyatakan dukungan terhadap usulan investigasi atau penyelidikan yang menyeluruh terkait musibah Nanggala 402. Menurutnya, hal itu diperlukan agar publik mendapat informasi yang jelas dan benar tidak simpang siur.

“Masyarakat berhak mendapatkan informasi yang jelas dan benar, jangan sampai ada informasi simpang siur,” tutupnya. (*)

Berita Lainnya

Nasional

Politisi Demokrat, Sartono Berbagi Hewan Kurban Disaat Pandemi

Nasional

Sartono Bagikan Puluhan Terop dan Ribuan Kursi ke Warga Ponorogo dan Pacitan

Nasional

Polemik Revisi Statuta UI Makin Panas, Partai Demokrat: Berhentikan Rektor UI Ari Kuncoro!

Nasional

Rektor Rangkap Jabatan, Statuta UI Diubah, Bramantyo Sebut 3 Masalah Utama

Nasional

Statuta UI Dirombak, Independensi Kampus dalam 'Gangguan'

Nasional

Tenaga Kesehatan Menjerit dan Jiwa Masyarakat Terancam, Politisi Demokrat: Pusat Jangan Main-main, Segera Drop Anggaran untuk Kebutuhan Daerah Hadapi Covid-19

Nasional

Karutan Depok Tersangka Narkoba, Anggota DPR Ingatkan soal Nusakambangan

Santoso Minta Polri Tindak Tegas Kartel Kremasi Jenazah Covid-19

Berita: Nasional - Politisi Demokrat, Sartono Berbagi Hewan Kurban Disaat Pandemi •  Nasional - Sartono Bagikan Puluhan Terop dan Ribuan Kursi ke Warga Ponorogo dan Pacitan •  Nasional - Polemik Revisi Statuta UI Makin Panas, Partai Demokrat: Berhentikan Rektor UI Ari Kuncoro! •  Nasional - Rektor Rangkap Jabatan, Statuta UI Diubah, Bramantyo Sebut 3 Masalah Utama •  Nasional - Statuta UI Dirombak, Independensi Kampus dalam 'Gangguan' •  Nasional - Tenaga Kesehatan Menjerit dan Jiwa Masyarakat Terancam, Politisi Demokrat: Pusat Jangan Main-main, Segera Drop Anggaran untuk Kebutuhan Daerah Hadapi Covid-19 •  Nasional - Karutan Depok Tersangka Narkoba, Anggota DPR Ingatkan soal Nusakambangan •  - Santoso Minta Polri Tindak Tegas Kartel Kremasi Jenazah Covid-19 •