Senin, 13 Juli 2020 19:04

lapas

ANGGOTA Komisi III DPR, Didik Mukrianto, mengatakan, banyak persoalan di Lapas hingga saat ini yang belum bisa diatasi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Meskipun Kemenkumham telah melakukan upaya perbaikan, berbagai permasalahan masih terus ada. "Ini juga menunjukkan kepada kita bahwa ada yang harus diperbaiki terkait dengan Manajerial Lapas," ujar Didik, dalam keterangannya, Senin (13/7).

Didik mengatakan, seharusnya Menkumham Yasona Laoly sudah bisa memetakan berbagai permasalahan pada Lapas di Indonesia. Dengan begitu penanganan bisa lebih maksimal dan tepat.

"Sudah satu periode menjabat Menkumham dan saat ini periode keduanya bisa memetakan secara utuh persoalan yang terjadi di Lapas, apakah persoalan SDM, Infrastruktur, Sistem atau regulasi dan kebijakan?" ujar Didik.

Didik mengatakan, seharusnya dengan basis evaluasi dan pemetaan yang tepat, Kemenkumham bisa efektif meminimalisir permasalahan Lapas.

Didik mengatakan, Kemenkumham harus memastikan segenap pegawai Lapas termasuk Sipir mempunyai Integritas yang kuat. Jangan sampai dipengaruhi bahkan dikendalikan oleh para warga binaan.

"Pastikan bahwa regulasi lapas dibuat secara adil dan tanpa diskriminasi dalam pelaksanaannya," ujarnya. Dikatakan Didik, belajar dari waktu ke waktu permasalahan lapas tidak bisa diselesaikan dengan baik, maka perlu ada sinergi lintas lembaga. Baik yang bersifat teknis maupun regulatif.

"Mungkin ke depan persoalan lapas ini tidak boleh dilepaskan dari konsep Integrity Criminal Justice Sistem yang dibangun di negara ini," tutup Didik. (OL-6)


Berita Lainya

Nasional

Politikus Demokrat: Keputusan Pembukaan Sekolah di Zona Kuning Sangat Berisiko

Nasional

Dewan Demokrat Berbagi, Salurkan Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Nasional

Legislator Demokrat Berikan Bantuan Alkes dan Sembako

Nasional

Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (4): Bangun Desa

Nasional

Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (3): Rumah Layak Kotaku

Nasional

Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (2): Irigasi Sana-Sini

Nasional

Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (1): “Mengeroyok” Jalan Rusak

Nasional

HJ. SITI MUFATTAHAH, PSI, MBA SEBUT DOMBA GARUT GAGAH DI LAPANG SEDAP DI PANDANG, GARUT

Berita: Nasional - Politikus Demokrat: Keputusan Pembukaan Sekolah di Zona Kuning Sangat Berisiko •  Nasional - Dewan Demokrat Berbagi, Salurkan Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19 •  Nasional - Legislator Demokrat Berikan Bantuan Alkes dan Sembako •  Nasional - Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (4): Bangun Desa •  Nasional - Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (3): Rumah Layak Kotaku •  Nasional - Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (2): Irigasi Sana-Sini •  Nasional - Menyambung Lidah Rakyat dari Barat sampai Timur Kaltim (1): “Mengeroyok” Jalan Rusak •  Nasional - HJ. SITI MUFATTAHAH, PSI, MBA SEBUT DOMBA GARUT GAGAH DI LAPANG SEDAP DI PANDANG, GARUT •