Masyarakat Diminta Jangan Mau Menyerahkan Sertifikat Tanah Asli ke BPN

Jumat, 19 Februari 2021 15:52

sertifikat

Anggota Komisi II DPR, Mohamad Muraz, meminta kepada masyarakat agar jangan mau menyerahkan sertifikat tanah asli atau fisik kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Hal itu dikatakan Muraz meluruskan kegaduhan yang terjadi di masyarakat bahwa dengan adanya rencana Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) memberlakukan pendaftaran sertifikat tanah elektronik (e-sertifikat) pada tahun ini secara bertahap, maka sertifikat tanah asli/fisik ditarik BPN atau sudah tidak berlaku.

“Tidak benar sertifikat tanah asli ditarik BPN. Masyarakat jangan menyerahkan sertifikat aslinya ke BPN. Sertifikat itu tetap jadi bukti hak atas tanah yang dimiliki masyarakat,” kata Muraz saat dihubungi, Kamis (18/2/2021).

Menurut Muraz, kegaduhan tersebut terjadi akibat rencana pemberlakuan e-sertifikat oleh BPN tidak disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat. Bahkan, setelah keluar Peraturan Menteri (Permen) ATR/BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertipikat Elektronik, sosialisasi pun dinilainya belum dilakukan secara baik.

“Jadi sebaiknya, BPN segera lakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa sertifikat elektronik ini diperuntukan untuk mempercepat pensertifikatan tanah yang masih puluhan juta bidang di seluruh Indonesia. Karena tanpa menggunakan IT, barang kali target pensertifikatan oleh BPN juga agak sulit dicapai,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrat ini juga sudah mendapat informasi langsung dari BPN bahwa pendaftaran e-sertifikat ini diprioritaskan untuk aset-aset milik pemerintah dan BUMN. Sementara untuk masyarakat umum belum diwajibkan.

“Yang penting masyarakat jangan terpengaruh, tetap tenang, pegang sertifikatnya, jangan tergoda oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk menyerahkan sertifikat yang sudah ada,” pungkasnya. (Bie)

Berita Lainnya

Nasional

Jadi Syarat Naik Pesawat, Anggota DPR Minta Harga Tes PCR Murah dan Terjangkau Masyarakat

Nasional

Peduli Korban Kebakaran di Krendang, Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Kunjungi dan Salurkan Bantuan Sosial

Nasional

PDIP Ajak Publik Mengkaji Kinerja SBY, Legislator Demokrat: Upaya Menutupi Sejumlah Kegagalan Rezim Jokowi dalam Menjalankan Pemerintahan

Nasional

Anggota Komisi VI DPR RI Minta Pertamina Segera Atasi Kelangkaan BBM di Sulsel

Nasional

Hinca Pandjaitan, Anggota DPR RI Yang Enjoy Berlumpur Lumpur

Nasional

Legislator Demokrat Minta Pemerintah Tanggung Biaya Tes PCR Penumpang Pesawat

Nasional

Syarif Hasan: Partai Demokrat Teguh Tolak Amandemen UUD 1945

Nasional

Simalakama Utang Garuda, Herman Khaeron: Tantangan Berat Menteri Erick

Berita: Nasional - Jadi Syarat Naik Pesawat, Anggota DPR Minta Harga Tes PCR Murah dan Terjangkau Masyarakat •  Nasional - Peduli Korban Kebakaran di Krendang, Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Kunjungi dan Salurkan Bantuan Sosial •  Nasional - PDIP Ajak Publik Mengkaji Kinerja SBY, Legislator Demokrat: Upaya Menutupi Sejumlah Kegagalan Rezim Jokowi dalam Menjalankan Pemerintahan •  Nasional - Anggota Komisi VI DPR RI Minta Pertamina Segera Atasi Kelangkaan BBM di Sulsel •  Nasional - Hinca Pandjaitan, Anggota DPR RI Yang Enjoy Berlumpur Lumpur •  Nasional - Legislator Demokrat Minta Pemerintah Tanggung Biaya Tes PCR Penumpang Pesawat •  Nasional - Syarif Hasan: Partai Demokrat Teguh Tolak Amandemen UUD 1945 •  Nasional - Simalakama Utang Garuda, Herman Khaeron: Tantangan Berat Menteri Erick •