Mantap, Lasmi Indaryani Sukses Kawal Program Penyediaan Air Baku Banjarnegara Terealisasi

Jumat, 07 Januari 2022 10:57

Anggota Komisi V DPR RI, Lasmi Indaryani sukses kawal program pembangunan air baku Banjarnegara yang akan dikerjakan pada tahun 2022.

Suksesi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang pembangunan penyediaan air baku Kali Ori Desa Prigi Kecamatan Sigaluh.

Penandatanganan dilakukan oleh Plh Bupati Banjarnegara dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, beberapa waktu lalu.

Lasmi menjelaskan air adalah komponen vital dalam kehidupan makhluk hidup, bertambahnya populasi menjadikan bertambah pula kebutuhan akan air.

Dijelaskan pemenuhan kebutuhan air baku, terutama di kabupaten Banjarnegara menjadi salah satu perhatian utama Lasmi Indaryani dalam turut berkontribusi membangun daerahnya.

ibu lasmi (2)

Menurutnya, banyak potensi air baku yang belum bisa dimanfaatkan karena keterbatasan anggaran dari pemkab, peran serta PDAM dan OPD teknis terkait juga sangat berperan dan membantu terealisasinya program ini.

Lasmi menjelaskan, adanya program ini merupakan salah satu jawaban untuk mengurai permasalahan terhadap pemenuhan air baku yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang masih kurang.

Lasmi menambahkan tahun 2022 besok akan ada 2 program BBWSO di Kabupaten Banjarnegara, selain program ini masih ada program Revitalisasi daerah irigasi Banjar cahyana yang masuk list.

“Semoga tahun depan daerah irigasi Singomerto bisa masuk list untuk direvitalisasi atau malah ditingkatkan,” harapnya,  Jumat, (31/12/2021).

Sementara Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro mengatakan, rencana alokasi air baku untuk penyediaan air baku Kali Ori telah disepakaiti sebesar 100 liter/detik.

Ketersediaan air pada Kali Ori ini akan dipergunakan untuk berbagai kepentingan, meliputi pemenuhan kebutuhan air baku dan air minum yang akan dikelola oleh PDAM Banjarnegara, serta untuk irigasi.

“Ini merupakan kerjasama antara BBWS Serayu Opak dengan Pemkab Banjarnegara dalam pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu air bersih untuk masyarakat Banjarnegara,” katanya seperti dikutip dalam keterangan tertulis.

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya adanya penyediaan air baku Kali Ori ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih.

Sementara itu, Direktur PDAM Banjarnegara Bahar Ibnu Hajar menyampaikan, penandatanganan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan pra pembangunan penyediaan air baku Kali Ori Desa Prigi.

Penyediaan air baku Kali Ori akan dilakukan BBWS Serayu Opak di tahun anggaran 2022 dengan pagu anggaran sebesar Rp20 miliar dari dana APBN.

Dia mengatakan, perencanaan teknis dan non teknis sudah dilakukan dengan matang, sehingga dia mengharapkan optimalisasi kegiatan agar bisa memberi manfaat yang maksimal.

“Program ini akan meningkatkan cakupan air kepada masyarakat sebanyak 36%,” ujarnya.

( sumber : kedaipena.com )


Berita Lainnya

Nasional

Pertemuan ‘‘The 10th World Water Forum’ Bahas Pentingnya Ketahanan Air sebagai Hak Asasi Manusia

Nasional

Aliyah Mustika Apresiasi BPJS Kesehatan Siapkan Posko Pelayanan Gratis di Pelabuhan Makassar

Nasional

Herman Khaeron: Harus Ada Perbaikan Tata Kelola Pupuk di Indonesia

Nasional

Fraksi Demokrat Beri Catatan Soal RUU Bahasa Daerah

Nasional

Subsidi Naik Jadi 9,5 Juta Ton, DPR Warning Ancaman Pupuk Langka

Nasional

Mendikbudristek Harus Klarifikasi Pencabutan Wajib Pramuka di Sekolah

Nasional

Komisi VI DPR Minta Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Serius Tangani Peredaran Oli palsu

Nasional

Komisi II Dorong Penambahan Alokasi Anggaran Program PTSL

Berita: Nasional - Pertemuan ‘‘The 10th World Water Forum’ Bahas Pentingnya Ketahanan Air sebagai Hak Asasi Manusia •  Nasional - Aliyah Mustika Apresiasi BPJS Kesehatan Siapkan Posko Pelayanan Gratis di Pelabuhan Makassar •  Nasional - Herman Khaeron: Harus Ada Perbaikan Tata Kelola Pupuk di Indonesia •  Nasional - Fraksi Demokrat Beri Catatan Soal RUU Bahasa Daerah •  Nasional - Subsidi Naik Jadi 9,5 Juta Ton, DPR Warning Ancaman Pupuk Langka •  Nasional - Mendikbudristek Harus Klarifikasi Pencabutan Wajib Pramuka di Sekolah •  Nasional - Komisi VI DPR Minta Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Serius Tangani Peredaran Oli palsu •  Nasional - Komisi II Dorong Penambahan Alokasi Anggaran Program PTSL •