Legislator: Inpres Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah adalah Solusi

Selasa, 23 Mei 2023 13:53

bpk anwar

Anggota Komisi V DPR, Anwar Hafid menilai, Instruksi Presiden 3/2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, sangat penting. Sebab, Inpres tersebut merupakan solusi untuk percepat penanganan masalah jalan daerah yang tidak dapat ditangani pemerintah setempat.

Untuk itu, Ia mengatakan implementasi Inpres sangat dibutuhkan. "Sehingga implementasinya sekarang yang kita tunggu," katanya dalam perbincangan Pro3 RRI, Kamis (18/5/2023).

Ia menjelaskan, implementasi yang dimaksud adalah pusat menyiapkan perencanaan pembangunan jalan, untuk konektivitas daerah. Penyediaan anggaran yang berasal dari kementerian, termasuk dalam perencanaan tersebut.

Anwar melanjutkan, implementasi kedua terkait keterbatasan anggaran yang terjadi di sebuah daerah. Sebab, selama ini negara melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tidak boleh membiayai perbaikan jalan daerah.

"Jalanan terbengkalai selama ini yang kita lihat karena jalanan daerah yang kurang diperhatikan, ini jadi problem. Jadi sebetulnya bukan kurang diperhatikan, tetapi terkait dengan kewenangan," ujarnya.

Selain itu, tambahnya, daerah juga harus menyiapkan perencanaan pembangunan jalan yang komperensif. Karena kebanyakan jalan provinsi maupun kabupaten/kota hanya dikerjakan seadanya.

"Hanya cukup dengan pengaspalan, tidak dengan drainase yang baik. Lalu kualitas bahannya, lapisan dasarnya, serta pemliharaan juga tidak ada," ucap Anwar. 

Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jalan yang seadanya tersebut justru menimbulkan masalah baru. "Volume kendaraan yang terlalu berlebihan banyak menimbulkan kerusakan di jalanan tersebut," katanya.

( sumber : rri.co.id )


Berita Lainnya

Nasional

Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali

Nasional

Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan

Nasional

Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah

Nasional

Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu

Nasional

Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Nasional

BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma

Nasional

Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo

Nasional

Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada

Berita: Nasional - Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali •  Nasional - Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan •  Nasional - Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah •  Nasional - Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu •  Nasional - Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri •  Nasional - BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma •  Nasional - Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo •  Nasional - Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada •