Legislator Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Pemuda Indonesia

Rabu, 23 November 2022 11:20

bramantyo (3)

Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Suwondo mengingatkan pentingnya pendidikan karakter untuk pemuda Indonesia. Menurutnya, pendidikan karakter masih penting dan dibutuhkan di tengah perubahan zaman dan teknologi yang terjadi saat ini.

Bram, sapaan akrabnya, menyampaikan hal itu dalam menanggapi viralnya sebuah video baru-baru ini, yang menampilkan tindakan sekelompok pelajar di Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara. Dalam video tersebut, para pelajar tersebut menendang seorang nenek yang diduga dalam kondisi gangguan jiwa atau ODGJ.

“Saya selaku anggota DPR RI selalu mendukung penuh pendidikan karakter ini digencarkan di seluruh jenjang institusi pendidikan Indonesia, akan tetapi agar membangun pendidikan karakter yang kuat, tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah-sekolah maupun perguruan, para orang tua juga wajib harus terus mengajarkan serta memberikan contoh dalam bertindak dan bertutur yang baik kepada putra-putrinya,” kata Bram dalam rilis yang diterima Parlementaria, Senin (21/11/2022).

Bram pun mengakui, bahwa kejadian yang terjadi di Tapsel itu telah menunjukkan bahwa hingga saat ini terkait penyelesaian permasalahan perundungan dan pembangunan karakter di kalangan anak-anak muda belum tuntas.

“Sudah sangat urgensi (pendidikan karakter) untuk kita semua selain membenahi sistem pendidikan kita. Agar pendidikan karakter kuat di sekolah dan membangun kesadaran tanggung jawab pendidikan karakter dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat seperti orang tua, warga bertetangga dan sebagainya,” jelas Politisi Partai Demokrat ini.

Bram menilai, selain sistem pendidikan di tanah air yang masih kurang kuat dalam melaksanakan pendidikan karakter, yang dihadapi saat ini juga adalah belum meratanya pemahaman di masyarakat luas soal sikap bertanggung jawab. “Tanggung jawab pendidikan karakter adalah tanggung jawab kita semua,” pungkas politisi Fraksi Partai Demokrat ini. (hal/rdn)

( sumber : dpr.go.id )

Berita Lainnya

Nasional

Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa

Nasional

Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

Nasional

Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut

Nasional

Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini

Nasional

Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding

Nasional

Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022

Nasional

Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa

Nasional

Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan

Berita: Nasional - Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa •  Nasional - Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya •  Nasional - Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut •  Nasional - Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini •  Nasional - Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding •  Nasional - Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022 •  Nasional - Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa •  Nasional - Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan •