Legislator Demokrat: Program Food Estate, Solusi Berkurangnya Lahan Pertanian Di Jawa

Senin, 08 Februari 2021 14:19

pak bambang

Pengembangan food estate di Kabupaten Pulau Pisang dan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, adalah kebijakan pemerintah yang perlu didukung.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Bambang Purwanto mengatakan, pengembangan food estate bisa menjadi penyelamat dari berkurangnya lahan pertanian di Pulau Jawa.

"Program food estate merupakan langkah cerdas perlu diapresiasi sebagai solusi lahan sawah di Jawa yang kian berkurang akibat kebutuhan perumahan," ujar Bambang kepada wartawan, Minggu (7/2).

Bambang menjelaskan, dari data tahun 2020 sudah dicanangkan lahan 30 ribu hektar yang dibagi pada dua kabupaten tersebut.

"Pada tahun 2020 khusus di Kalteng dengan target 30 hektar yang terbagi 10 ribu hektar di Kabupaten Pulau Pisang dan 20 ribu hektar di Kabupaten Kapuas," katanya.

"Lahan itu ditargetkan dengan mengoptimalkan lahan petani yang sudah ada dengan bantuan serta biaya yang cukup besar, didukung semangat petani yang luar biasa karena merasa mendapat perhatian pemerintah," sambungnya.

Lanjut legislator asal Kalimantan Tengah ini, sebagai program yang melibatkan banyak pihak. Maka, pemerintah harus tepat menunjuk penanggung jawab pelaksaan.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan, kata dia, penanggung jawab yang ditunjuk pemerintah harus yang paham pada persoalan pertanian dan persoalan yang mungkin muncul dalam berjalannya pembangunan food estate.

"Ketika penanggung jawab tidak menguasai tentu hasilnya pasti amburadul. Sehingga program yang bagus sekalipun tidak akan sesuai dengan harapan semula, inilah problemnya," pungkasnya.

Berita Lainnya

Nasional

Sambut Ramadhan, TRH Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim

Nasional

Gelar FGD, Wakil Ketua MPR Tampung Aspirasi Akademisi Soal GBHN

Nasional

Wastam : Pengawasan Bantuan Harus Diperketat

Nasional

Kemiskinan dan Pengangguran Meningkat, Marwan Dorong Pemerintah Maksimalkan Ruang Fiskal

Irwan Minta Pemerintah Konsisten Larang Mudik Lebaran

Nasional

Dhevy Bijak Gelar Doa Bersama Partai Demokrat

Nasional

Demokrat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di NTB dan NTT

Nasional

Anggota DPR RI H Abdul Wahab Dalimunthe SH: Kader Demokrat Diminta Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh dengan Manuver Politik Pihak Luar

Berita: Nasional - Sambut Ramadhan, TRH Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim •  Nasional - Gelar FGD, Wakil Ketua MPR Tampung Aspirasi Akademisi Soal GBHN •  Nasional - Wastam : Pengawasan Bantuan Harus Diperketat •  Nasional - Kemiskinan dan Pengangguran Meningkat, Marwan Dorong Pemerintah Maksimalkan Ruang Fiskal •  - Irwan Minta Pemerintah Konsisten Larang Mudik Lebaran •  Nasional - Dhevy Bijak Gelar Doa Bersama Partai Demokrat •  Nasional - Demokrat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di NTB dan NTT •  Nasional - Anggota DPR RI H Abdul Wahab Dalimunthe SH: Kader Demokrat Diminta Tetap Solid dan Tidak Terpengaruh dengan Manuver Politik Pihak Luar •