Legislator Demokrat Pertanyakan Komitmen Calon Dewas BPJS Ketenagakerjaan

Jumat, 29 Januari 2021 13:04

linda

Anggota Komisi IX DPR RI Linda Megawati mempertanyakan komitmen calon Dewan Pengawas (Dewas) Badan Penyedia Jaminan Kesehatan (BPJS) Ketenagakerjaan. Pasalnya tidak ada kewajiban bagi Dewas BPJS untuk melapor kepada Komisi IX DPR RI, selaku mitra kerja.

“Dewas ini yang memilih adalah DPR (Komisi IX) pak, betul kan? Nah, tetapi bapak tidak berkewajiban untuk melakukan report kepada DPR, yang kita tahu hanya permasalahan di luar,” cecar Linda dalam uji kepatutan dan kelayakan kepada salah satu calon Dewas BPJS Ketenagakerjaan, Muhammad Aditya Warman (unsur pekerja), di Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta, Rabu (27/1/2021). 

Menurut politisi Partai Demokrat tersebut, meskipun Dewas tidak memiliki kewajiban untuk melapor kepada Komisi IX, dirinya berharap Dewas terpilih nantinya tetap menjalin komunikasi yang baik dengan Komisi IX. Mengingat, Dewas sendiri dipilih oleh Komisi IX DPR RI. 

“Dewas sendiri tidak ada diskusi atau apapun dengan kita lagi (setelah terpilih). Intinya, komitmen apa yang akan bapak berikan kepada DPR?” tanya politikus dari dapil Jabar IX tersebut.

Hal senada dikatakan Anggota Komisi IX DPR RI lainnya, Saleh Partaonan Daulay. Dia menyoroti komunikasi antara Dewas BPJS Ketenagakerjaan dengan Komisi IX DPR yang selama ini belum terjalin dengan baik.

"Selama ini sebetulnya kami menunggu juga Dewas lapor kepada kami baik formal maupun informal, tapi memang kelihatannya nggak ada yang berani lapor terbuka kepada kita, mainnya malah main luar,” ujar wakil rakyat dari Fraksi PAN tersebut. 

Komisi IX DPR RI selama 2 hari ini, Selasa-Rabu (26-27/1/2021) menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan kepada 10 calon Dewas BPJS Ketenagakerjaan, dan akan dipilih lima calon yang terdiri dari 2 orang mewakili unsur serikat pekerja, 2 orang dari unsur pengusaha, dan 1 orang unsur masyarakat. 

Nama-nama yang lolos tersebut kemudian diserahkan kepada Presiden untuk selanjutnya ditetapkan sebagai anggota Dewas BPJS Kesehatan untuk masa tugas lima tahun ke depan. **Bambang s

Berita Lainnya

Nasional

Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun

Nasional

Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif

Nasional

Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan

Nasional

Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh

Nasional

PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko

Nasional

BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir

Nasional

Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian

Nasional

Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi

Berita: Nasional - Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun •  Nasional - Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif •  Nasional - Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan •  Nasional - Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh •  Nasional - PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko •  Nasional - BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir •  Nasional - Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian •  Nasional - Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi •