Legislator Demokrat Nilai Anggaran Pemilu 2024 Usulan KPU Sudah Rasional

Rabu, 29 September 2021 13:45

pemilu

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi DemokratAnwar Hafid menilai anggaran Pemilu 2024 dan Pilkada serentak yang diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah rasional. Diketahui, KPU mengusulkan anggaran pemilu sebesar Rp 86 triliun, dan pilkada serentak Rp 26,2 triliun.

Dikatakan Anwar Hafid, anggaran sebesar itu tidak masalah lantaran dipergunakan untuk pesta demokrasi demi membangun demokrasi di Indonesia.

"Kalau kita melihat anggaran ini saya kira insyaallah, yakin bangsa Indonesia ini sudah akan survive karena sekarang sudah mulai, kita harus optimis, tapi untuk membangun demokrasi itu sangat penting,” Kata Anwar dalam webinar bertajuk “Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Tengah Pandemi Covid-19”, Jumat (24/9/2021).

Dikatakan, pandemi Covid-19 merupakan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, lebih berbahaya lagi bagi bangsa dan negara, jika demokrasi mati. Dikatakan, demokrasi yang tidak berkualitas akan menjadi mimpi buruk bagi Indonesia.

Anwar menilai, permasalahan anggaran merupakan persoalan teknis dan KPU berpengalaman dalam pelaksanaan pemilihan.

"Tentunya masalah anggaran itu tidak serumit kecurigaan kita ke KPU,” kata Anwar.

Sebagian kalangan menilai, anggaran yang diusulkan KPU terlalu besar. Kemendagri menilai angka tersebut terlalu tinggi di tengah perekonomian negara yang belum pulih akibat pandemi Covid.

Selain Anwar, turut hadir sebagai pembicara lainnya Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus; Anggota KPU, Hasyim Asy’ari; Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin; Direktur Lingkar Madani, Ray Rangkuti, dan pengamat kebijakan publik yang juga Kepala Bidang Pengkajian dan Penelitian MIPI, Trubus Rahadiansyah.

 

(sumber : beritasatu.com)

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •