Kunjungan GKSB DPR RI-Parlemen Papua Nugini ke Port Moresby untuk menindaklanjuti MoU

Selasa, 13 Juni 2023 13:42

pak putu 2 (1)

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana, beserta delegasi Grup Kerja Sama Bilateral DPR RI-Papua Nugini, mengunjungi Port Moresby, Papua Nugini untuk, diantara agenda lainnya, menghadiri pertemuan dengan Penjabat Ketua Parlemen Papua Nugini, Koni Iguan, beserta asisten Ketua Parlemen Papua Nugini, Johnson Wapunai, dan Clerk dari Parlemen Papua Nugini, Kala Aufa, di gedung Parlemen Papua Nugini.

Pada petemuan ini, Putu Supadma Rudana, didampingi oleh beberapa anggota Grup Kerja Sama Bilateral DPR RI, yaitu: I Made Urip, Hamka Baco Kady, Sri Meliyana, Dwita Ria, Fathan Subchi Badawi, Muhtarom, Mahfudz Abdurrahman, dan Muhammad Syafrudin Buhari. 

Di sesi pertemuan bilateral, Putu Supadma Rudana menggarisbawahi pentingnya Indonesia dan Papua Nugini untuk meningkatkan kerja sama, termasuk kerja sama antar parlemen. Dalam hal ini, Putu Supadma Rudana, beserta delegasi GKSB DPR RI-Parlemen Papua Nugini memberikan draf Memorandum of Understanding (MoU) versi terbaru terkait Grup Kerja Sama Bilateral kepada Parlemen Papua Nugini untuk ditinjau kembali. 

Draf MoU mencakup, diantara lainnya, pertukaran pengalaman dan informasi; saling mendukung dalam forum parlemen internasional; dan peningkatan kapasitas (capacity building). Draf MoU juga mencakup bentuk-bentuk kerjasama lainnya yaitu pertukaran kunjungan dan dialog.

"MoU akan memungkinkan parlemen untuk mengintensifkan konsultasi mengenai isu-isu yang diprioritaskan kedua negara dan yang belum terselesaikan atau masih menjadi pending matters," ujar Putu Supadma Rudana dalam keterangan tertulisnya ke Parlementaria, Jumat (9/5/2023). 

Terkait forum-forum internasional dan regional, sang Wakil Ketua BKSAP DPR RI, menyampaikan niat BKSAP DPR RI untuk menyelenggarakan kembali forum Kemitraan Parlemen Indonesia-Pasifik yang terakhir diselenggarakan pada tahun 2018 di Jakarta, Indonesia.  

“Mengadakan kembali forum ini adalah hal yang sangat penting untuk menunjukkan kembali komitmen DPR RI untuk lebih mempererat hubungan Indonesia dengan negara-negara kawasan Pasifik di berbagai bidang, terutama ekonomi,” ujar Putu Supadma Rudana. 

Selain itu, para anggota delegasi GKSB DPR RI juga membahas terkait Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 di Jakarta, Indonesia, dan mengharapkan kedatangan Parlemen Papua Nugini pada acara tersebut. 

Lebih lanjut, pertemuan membahas isu-isu substantif lainnya seperti penerbangan langsung dari Indonesia ke Papua Nugini, dan sebaliknya, untuk memajukan sektor ekonomi dan pariwisata. Delegasi GKSB RPR RI juga mengapresiasi Parlemen Papua Nugini atas tekad dan komitmen Papua Nugini terkait, diantara lainnya, bebas visa. 

Yang tidak kalah penting, Putu Supadma Rudana, beserta delegasi GKSB DPR RI mendapatkan kesempatan untuk mengamati sesi sidang Parlemen. Setelah sesi sidang, Putu Supadma Rudana mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, dan juga Menteri Pertahanan, Win Bakri Daki. 

Kunjungan ini sangat diapresiasi dan disambut baik oleh Parlemen Papua Nugini, yang dimana diharapkan dapat berkontribusi dalam mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Papua Nugini, serta memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di kedua negara. (aha) 

( sumber : dpr.go.id )


Berita Lainnya

Nasional

Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali

Nasional

Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan

Nasional

Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah

Nasional

Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu

Nasional

Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Nasional

BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma

Nasional

Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo

Nasional

Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada

Berita: Nasional - Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali •  Nasional - Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan •  Nasional - Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah •  Nasional - Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu •  Nasional - Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri •  Nasional - BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma •  Nasional - Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo •  Nasional - Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada •