Kritik SBY ke Pemerintah Bentuk Komitmen sebagai Penyeimbang

Kamis, 11 Februari 2016 00:00

fraksidemokrat--Jakarta: Presiden ke-6 RI (2004-2014), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Prof Dr H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyatakan ada yang tak suka ketika ia memberikan kritik kepada Pemerintah. Menyikapinya, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, yang merupakan politisi senior Partai Demokrat, menyatakan pernyataan SBY adalah bagian dari komitmen Partai Demokrat sebagai partai penyeimbang.

“Sebenarnya baik Pak SBY maupun Demokrat, kita sebagai partai penyeimbang. Jadi partai penyeimbang itu apabila pemerintah punya kebijakan pro-rakyat akan kita dukung,” Agus menyampaikan pada wartawan di Gedung DPR, Kompleks Senayan, Rabu (10/2/2016).

Dalam kondisi sebaliknya, Agus menegaskan, Demokrat berada di barisan paling depan untuk mengkritisi pemerintah. Partai berlambang bintang segitiga merah putih juga siap membantu memberi solusi jika pemerintah membutuhkannya.

Agus pun memberi contoh, ada beberapa hal yang dilakukan Demokrat ketika memberikan kritik. Kritikan yang dilontarkan Demokrat diyakininya sesuai dengan kondisi yang diinginkan masyarakat. Seperti saat Komjen Budi Gunawan yang hendak dilantik menjadi Kapolri namun terganjal masalah hukum.

“Dalam sidang rapat paripurna anggota DPR memutuskan Pak Budi Gunawan dilantik jadi Kapolri. Namun Fraksi Demokrat memberi catatan, seyogyanya ini dipertimbangkan kembali karena waktu itu Pak Budi Gunawan statusnya menjadi tersangka. Alhamdulillah ide brilian itu digunakan,” Agus mengingatkan.

Kemudian juga, saat UU Pilkada yang pemilihannya melalui DPRD. Demokrat menolak mengembalikan pilkada lewat DPRD, dan akhirnya diikuti oleh DPR.

“Ide brilian Demokrat melalui Pak SBY mengeluarkan Perppu bahwa pemilihan Pilkada dipilih rakyat karena keinginan rakyat,” Agus menuturkan.

Sebelumnya pernyataan SBY melalui video yang diupload di Youtube sudah dijawab pihak Istana dan juga Menko Polhukam. Pemerintahan Jokowi disebut siap menerima kritikan dan masukan dari siapa pun, termasuk dari SBY. Ketua Umum Partai Demokrat tersebut pun sudah memberikan apresiasi karena pemerintah mengaku siap dikritik.

“Waktu terakhir kemarin banyak kritikan yang disampaikan seolah kita mengganggu. Namun Pak Jokowi bilang siap dikritik. Kami sebagai partai penyeimbang akan terus mengkritik dan memberi solusi,” Agus mengakhiri pernyataannya.

(detik/dik)

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •