KRI Tenggelam, Hasan Saleh : Semua Kapal Harus di Periksa

Rabu, 15 Juli 2020 08:49

Hasan-Saleh-1-2-768x443

Kapal perang milik TNI Angkatan Laut, KRI Teluk Jakarta 541, tenggelam di perairan Maselembo, dekat Pulau Kangean, Jawa Timur pada hari Selasa (14/07/2020). Walaupun tidak terdapat korban jiwa, namun insiden tenggelamnya KRI pada kedalaman 90 meter itu menjadi sebuah pukulan berat bagi bangsa Indonesia.

Kepala Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI M Zaenal mengatakan tenggelamnya KRI Teluk Jakarta 541 terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, dimana KRI itu digunakan sebagai Armada pendarat yang sedang melaksanakan tugas operasi dukungan laut untuk pergeseran logistik ke wilayah timur.

Dan dalam insiden tersebut, sebanyak 54 anak buah kapal (ABK) dievakuasi oleh KM Tanto Sejahtera yang sedang berlayar tidak jauh dari lokasi tersebut. Sementara, 1 orang ABK lain ditolong oleh awak KM Dobonsolo milik PT Pelni.

Anggota DPR RI Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat, H. Hasan Saleh menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada prajurit yang sedang melaksanakan tugas dan berjuang melewati ombak dalam kondisi yang sulit itu.

“Syukur Alhamdulillah semua selamat, dan itu merupakan sebuah kebanggan bagi seorang prajurit dalam melaksanakan tugas mendapatkan kendala atau kesulitan tetapi mampu melewatinya dan selamat tanpa satu pun korban,” tutur Purnawirawan TNI AD berpangkat Mayjend ini.

Tenggelamnya KRI itu merupakan resiko yang harus dipikul dalam pelaksanaan tugas operasi, dan Hasan Saleh meyakini dan mendorong Mabes TNI dan Mabes TNI AL untuk segera melakukan evaluasi secara objektif dan menyeluruh agar peristiwa naas itu tidak terulang lagi.

“Dan prajurit yang selamat dalam melaksanakan tugas agar diberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula,” ucapnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kapal-kapal yang telah menolong 55 orang ABK KRI Teluk Jakarta 541. Semoga ini yang terakhir, kedepan tidak ada lagi Kapal Perang milik kita tenggelam di laut,” tutup Hasan Saleh.

Berita Lainya

Nasional

‘Perwira Milenial’ Indramayu Bulatkan Tekad dorong UMKM Naik Kelas

Nasional

Sekolah Tatap Muka Harus Didukung Petunjuk Teknis

Nasional

Pulihnya Pariwisata Nasional Tergantung Kecepatan Penyelesaian Pandemi Covid-19

Nasional

Jokowi Ungkap Kasus Corona Memburuk, Ini Catatan Kritis PD

Nasional

Jelang Libur Akhir Tahun, Demokrat Minta Kesiapan Dilakukan Secara Adaptif dan Responsif

Nasional

Balada Pilkada di Tengah Pandemi, Politikus Demokrat: Harus Tetap Berikan Pemahaman Covid-19 Belum Berakhir

Nasional

Anggota DPR RI Achmad Salurkan 2000 Paket Sembako Untuk Warga Korban Banjir di Rohul

Nasional

Keputusan Libur Akhir Tahun, DPR Harap Pemerintah Utamakan Keselamatan Rakyat

Berita: Nasional - ‘Perwira Milenial’ Indramayu Bulatkan Tekad dorong UMKM Naik Kelas •  Nasional - Sekolah Tatap Muka Harus Didukung Petunjuk Teknis •  Nasional - Pulihnya Pariwisata Nasional Tergantung Kecepatan Penyelesaian Pandemi Covid-19 •  Nasional - Jokowi Ungkap Kasus Corona Memburuk, Ini Catatan Kritis PD •  Nasional - Jelang Libur Akhir Tahun, Demokrat Minta Kesiapan Dilakukan Secara Adaptif dan Responsif •  Nasional - Balada Pilkada di Tengah Pandemi, Politikus Demokrat: Harus Tetap Berikan Pemahaman Covid-19 Belum Berakhir •  Nasional - Anggota DPR RI Achmad Salurkan 2000 Paket Sembako Untuk Warga Korban Banjir di Rohul •  Nasional - Keputusan Libur Akhir Tahun, DPR Harap Pemerintah Utamakan Keselamatan Rakyat •