Keputusan Libur Akhir Tahun, DPR Harap Pemerintah Utamakan Keselamatan Rakyat

Rabu, 02 Desember 2020 10:18

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Lasmi Indaryani mendesak, pemerintah melakukan evaluasi sebelum memutuskan libur akhir tahun dan cuti bersama 2020.

“Semoga pemerintah menjadikan dua libur panjang terdahulu yaitu pada Agustus dan long weekend Oktober kemarin sebagai evaluasi,” kata Lasmi sapaanya kepada KedaiPena.Com, Minggu, (29/11/2020).

Lasmi melanjutkan, hasil evaluasi tersebut harus dijadikan pijakan, untuk menentukan kebijakan lebih terukur dan mengutamakan keselamatan masyarakat.

Salah satu yang menjadi sorotan, kata Lasmi, ialah penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19 di moda transportasi umum.

“Selama ini sudah dilakukan pengetatan jumlah maksimal penumpang dan ada denda. Tetapi, masih ada maskapai yang melanggar. Harus ada sanksi tegas untuk itu,” ujar Lasmi.

lasmi

Hal tersebut, lanjut Lasmi, termasuk penerapan protokol kesehatan di ruang tunggu yang selama ini sudah dilakukan, namun kurang ketat saat berada di pesawat bahkan ketika antri ataupun turun.

“Karena semakin banyak orang yang menyepelekan tentang pemakaian masker dan memakai masker dengan cara yang tidak sesuai standar (misalnya seperti hidung tidak tertutup),” tandas Lasmi.

Sebelumnya, pembahasan soal pengurangan jatah libur akhir tahun dan pengganti cuti Idul Fitri pada Desember nanti akan diputuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (30/11/2020).

Dari rapat tingkat menteri yang digelar, nantinya akan muncul beberapa pilihan yang  ditentukan oleh pemerintah terkait libur panjang akhir tahun.

Berita Lainya

Nasional

Soal UMKM, Rudana Minta Kemenkop Maksimalkan Sinergi dengan Lembaga Lain

Nasional

Iuran BPJS Kembali Naik, Syarif Hasan: Pemerintah Harusnya Bantu Masyarakat Bukan Mempersulit

Nasional

Pemulihan Sektor Pariwisata, Dede Yusuf Akui Pemerintah Tidak Bisa Berbuat Banyak

Nasional

Ibas Kritisi Bantuan UMKM

Nasional

Herman Khaeron Minta Pemerintah Rawat BUMN Terdampak Pandemi

Nasional

Kepolisian Wajib Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

Nasional

Subsidi Energi Kedepan Harus Lebih Tepat Sasaran

Nasional

Anggota DPR Pertanyakan Persentase KTP-El yang Selesai dalam Pilkada 2020

Berita: Nasional - Soal UMKM, Rudana Minta Kemenkop Maksimalkan Sinergi dengan Lembaga Lain •  Nasional - Iuran BPJS Kembali Naik, Syarif Hasan: Pemerintah Harusnya Bantu Masyarakat Bukan Mempersulit •  Nasional - Pemulihan Sektor Pariwisata, Dede Yusuf Akui Pemerintah Tidak Bisa Berbuat Banyak •  Nasional - Ibas Kritisi Bantuan UMKM •  Nasional - Herman Khaeron Minta Pemerintah Rawat BUMN Terdampak Pandemi •  Nasional - Kepolisian Wajib Melindungi dan Mengayomi Masyarakat •  Nasional - Subsidi Energi Kedepan Harus Lebih Tepat Sasaran •  Nasional - Anggota DPR Pertanyakan Persentase KTP-El yang Selesai dalam Pilkada 2020 •