Kemendikbud dan Kemenristek Dilebur, DPR: Peran BRIN Harus Independen

Kamis, 15 April 2021 21:46

BAPAK SARTONO

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Demokrat Sartono Hutomo berharap, agar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dapat memaksimalkan peran dalam mencapai tujuannya.

Hal itu disampaikan oleh Sartono saat menanggapi keputusan pemerintah untuk menggabungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

BRIN adalah sebuah lembaga yang pembentukannya merupakan mandat dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

"Jadi harus dimaksimalkan perannya untuk mencapai tujuan sebagai lembaga penelitian," tegas Sartono, Senin (12/4/2021).

Sartono melanjutkan, BRIN juga harus fokus pada penelitian bertahap mulai dari jangka pendek, menengah dan panjang. Hal ini, lantaran kemajuan bangsa ditentukan oleh keberhasilan dalam mengedepankan riset dan inovasi.

BRIN, tambah Sartono, juga harus mampu melakukan koordinasi dan sinergitas dengan litbang-litbang yang dimiliki Kementerian guna memaksimalkan peran dalam penelitian.

"BRIN ini harus menjadi lembaga independen dan tidak boleh ada kepentingan lain kecuali riset dan inovasi," papar Sartono.

Berita Lainnya

Nasional

Anggota DPR Desak Pertamina Selesaikan Kendala Listrik di Blok Rokan

Nasional

Bukber Online, Ibas Serap Aspirasi Pengurus NU Ngawi dan Muhammadiyah Pacitan

Nasional

Terhadang Pandemi, Ibas Rindu Dapil, Ingin Bertemu Konstituen

Nasional

Investasi Dalam Industrialisasi, Anggota DPR RI: Mahasiswa Tuban Harus Lebih Kritis

Nasional

Anggota DPR Dede Yusuf Berikan Rapor untuk Nadiem di Hardiknas 2021, Apa Hasilnya ?

Nasional

Syarief Hasan Apresiasi Kontribusi Buruh dalam Pembangunan

Nasional

Benny K. Harman: Jika Laporan Risma Benar, Maka Rezim Jokowi Lebih Kejam Dari Teroris

Nasional

Demokrat dan Bang Zul Berbagi Penganan Takjil

Berita: Nasional - Anggota DPR Desak Pertamina Selesaikan Kendala Listrik di Blok Rokan •  Nasional - Bukber Online, Ibas Serap Aspirasi Pengurus NU Ngawi dan Muhammadiyah Pacitan •  Nasional - Terhadang Pandemi, Ibas Rindu Dapil, Ingin Bertemu Konstituen •  Nasional - Investasi Dalam Industrialisasi, Anggota DPR RI: Mahasiswa Tuban Harus Lebih Kritis •  Nasional - Anggota DPR Dede Yusuf Berikan Rapor untuk Nadiem di Hardiknas 2021, Apa Hasilnya ? •  Nasional - Syarief Hasan Apresiasi Kontribusi Buruh dalam Pembangunan •  Nasional - Benny K. Harman: Jika Laporan Risma Benar, Maka Rezim Jokowi Lebih Kejam Dari Teroris •  Nasional - Demokrat dan Bang Zul Berbagi Penganan Takjil •