Jurnalis Parlemen dan FPD Perkuat Hubungan Harmonis

Jumat, 29 Januari 2021 19:20 0

audiensi

Hubungan media dan politisi, khususnya anggota parlemen harus terus dijaga dan ditumbuh-kokohkan dengan cara dan untuk tujuan-tujuan konstruktif. Apapun yang dihasilkan dari hubungan harmonis keduanya haruslah selalu untuk kepentingan rakyat.               

Demikian poin penting diskusi pimpinan Fraksi Partai Demokrat (FPD) dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) di kantor FPD, Lt 9 Gedung Nusantara 1 (20/01/2021). Hadir dalam kesempatan audiensi ini  Edhie Baskoro Yudhoyono (Ketua FPD), Marwan Cik Asan (Sekretaris FPD), Lasmi Indaryani (Bendahara FPD), sejumlah anggota FPD seperti Irwan, Rizki Aulia Natakusumah, Bramantyo Suwondo,  dan Zulfikar Hamonangan. Sementara dari KWP, hadir Marlen Sitompul (Ketua/Jurnas.com), Carlos Paath (Wakil Ketua 1/ Beritasatu.com), Munif (Wakil Ketua 2/ Suara Pemred) dan jajaran pengurus lainnya yang juga mewakili berbagai media nasional. 

‘’Kami (FPD) berusaha bekerja dalam harmoni. Artinya, kita juga memandang hubungan media dan dunia politik atau dengan politisi dalam konteks demikian. Bahwa politik memerlukan berita dan media, media juga membutuhkan politik untuk berbagai alasan, terutama dalam konteks produksi ya untuk membuat berita,’’ kata Ketua FPD yang biasa disapa Ibas. 

Dalam kesempatan ini, Ibas juga kembali menegaskan bahwa Demokrat memang berada di luar pemerintahan. ‘’Tapi tidak akan pernah berada di luar hati rakyat. Kami ingin secara konkret berkontribusi membantu kehidupan masyarakat. Karena kebutuhan rakyat lebih banyak dari kemampuan yang dimiliki pemerintah,’’ tegas Ibas lagi.

Ketua KWP, Marlen Erick Sitompul menyambut hangat sikap Demokrat. Ia berharap kerjasama Press Room—ruang sekretariat wartawan parlemen di DPR—dengan FPD dapat terus berjalan dan semakin baik. 

‘’Sebetulnya berita yang menarik dari DPR itu umumnya memang berasal dari fraksi yang berada di luar pemerintahan,’’ kata Marlen. 

Poin yang tak kalah penting disampaikan, terkait aspirasi beasiswa untuk anggota dan anak-anak anggota KWP yang tidak mampu. Beasiswa ini diharapkan dapat terealisasi melalui kerjasama dengan Komisi X DPR RI. 

‘’Kami ingin merasakan juga manfaat beasiswa yang biasanya kita publikasikan saja,’’ kata Sekjen KWP, Ariawan. 

Terkait hal ini, Ibas menyatakan pihaknya mencatat dan siap membantu memperjuangkan aspirasi para jurnalis parlemen. ‘’Kerja kami adalah menampung aspirasi. Maka kami sangat senang untuk membantu kawan-kawan media menyuarakan aspirasinya,’’ kata Ibas.

Materi diskusi yang juga menarik, terkait peliputan seputar haji. ‘’Kami punya slot peliputan haji. Maka kita coba minta kawan-kawan dari Press Room untuk turut mengawasi dan memberitakan kegiatan tersebut,’’ tukas Marlen.

Ibas pun menyatakan setuju dan mendorong keterlibatan media dalam peliputan haji untuk melaporkan kegiatan tersebut kepada publik. ‘’Kami dukung,’’ kata Ibas. 

Terakhir, Ibas meminta para jurnalis untuk tidak segan meminta atau mengajak para anggota FPD, berbicara kepada publik melalui media. Menurutnya, hal ini perlu karena tidak semua anggota memiliki kecenderungan aktif memberikan statemen dengan menggunakan media nasional. 

‘’Ada beberapa karakter anggota kami yang perlu diajak untuk bisa memberikan statemen. Maka kami harap kawan-kawan semua mengajak mereka mengeluarkan statemen,’’ katanya.(***)

 

 

 

 

Berita Lainnya

Nasional

Warga Kota Cirebon Butuh Mobil Ambulance, Bisa Datang ke MHK Foundation

Nasional

Nakes Keluhkan Pencairan Insentif, Anggota Komisi IX: Pemerintah Harus Segera Cairkan

Nasional

Demokrat: Doa SBY Sebagai Pesan ke Pemerintah Lebih Ekstra Selamatkan Nyawa Rakyat

Nasional

Politikus Demokrat: Masyarakat Mulai Ragu Komitmen KPK Berantas Korupsi

Nasional

Kunjungan Anggota DPR RI Komisi 6 Dr Ir E Herman Khaeron M.Si Di Desa Prajawinangun Wetan Kaliwedi Cirebon

Nasional

Anwar Hafid; Jangan Lagi Ada Air Mata untuk Tenaga Kesehatan Kita

Nasional

RI Masuk Daftar Merah Arab Saudi, Legislator : Perlu Konsistensi Penanganan Pandemi

Nasional

Muncul Tagar Tenggelamkan Demokrat, William Wandik: Dukungan Rakyat Ke Demokrat Terus Menguat

Berita: Nasional - Warga Kota Cirebon Butuh Mobil Ambulance, Bisa Datang ke MHK Foundation •  Nasional - Nakes Keluhkan Pencairan Insentif, Anggota Komisi IX: Pemerintah Harus Segera Cairkan •  Nasional - Demokrat: Doa SBY Sebagai Pesan ke Pemerintah Lebih Ekstra Selamatkan Nyawa Rakyat •  Nasional - Politikus Demokrat: Masyarakat Mulai Ragu Komitmen KPK Berantas Korupsi •  Nasional - Kunjungan Anggota DPR RI Komisi 6 Dr Ir E Herman Khaeron M.Si Di Desa Prajawinangun Wetan Kaliwedi Cirebon •  Nasional - Anwar Hafid; Jangan Lagi Ada Air Mata untuk Tenaga Kesehatan Kita •  Nasional - RI Masuk Daftar Merah Arab Saudi, Legislator : Perlu Konsistensi Penanganan Pandemi •  Nasional - Muncul Tagar Tenggelamkan Demokrat, William Wandik: Dukungan Rakyat Ke Demokrat Terus Menguat •