Jurnalis Parlemen dan FPD Perkuat Hubungan Harmonis

Jumat, 29 Januari 2021 19:20 0

audiensi

Hubungan media dan politisi, khususnya anggota parlemen harus terus dijaga dan ditumbuh-kokohkan dengan cara dan untuk tujuan-tujuan konstruktif. Apapun yang dihasilkan dari hubungan harmonis keduanya haruslah selalu untuk kepentingan rakyat.               

Demikian poin penting diskusi pimpinan Fraksi Partai Demokrat (FPD) dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) di kantor FPD, Lt 9 Gedung Nusantara 1 (20/01/2021). Hadir dalam kesempatan audiensi ini  Edhie Baskoro Yudhoyono (Ketua FPD), Marwan Cik Asan (Sekretaris FPD), Lasmi Indaryani (Bendahara FPD), sejumlah anggota FPD seperti Irwan, Rizki Aulia Natakusumah, Bramantyo Suwondo,  dan Zulfikar Hamonangan. Sementara dari KWP, hadir Marlen Sitompul (Ketua/Jurnas.com), Carlos Paath (Wakil Ketua 1/ Beritasatu.com), Munif (Wakil Ketua 2/ Suara Pemred) dan jajaran pengurus lainnya yang juga mewakili berbagai media nasional. 

‘’Kami (FPD) berusaha bekerja dalam harmoni. Artinya, kita juga memandang hubungan media dan dunia politik atau dengan politisi dalam konteks demikian. Bahwa politik memerlukan berita dan media, media juga membutuhkan politik untuk berbagai alasan, terutama dalam konteks produksi ya untuk membuat berita,’’ kata Ketua FPD yang biasa disapa Ibas. 

Dalam kesempatan ini, Ibas juga kembali menegaskan bahwa Demokrat memang berada di luar pemerintahan. ‘’Tapi tidak akan pernah berada di luar hati rakyat. Kami ingin secara konkret berkontribusi membantu kehidupan masyarakat. Karena kebutuhan rakyat lebih banyak dari kemampuan yang dimiliki pemerintah,’’ tegas Ibas lagi.

Ketua KWP, Marlen Erick Sitompul menyambut hangat sikap Demokrat. Ia berharap kerjasama Press Room—ruang sekretariat wartawan parlemen di DPR—dengan FPD dapat terus berjalan dan semakin baik. 

‘’Sebetulnya berita yang menarik dari DPR itu umumnya memang berasal dari fraksi yang berada di luar pemerintahan,’’ kata Marlen. 

Poin yang tak kalah penting disampaikan, terkait aspirasi beasiswa untuk anggota dan anak-anak anggota KWP yang tidak mampu. Beasiswa ini diharapkan dapat terealisasi melalui kerjasama dengan Komisi X DPR RI. 

‘’Kami ingin merasakan juga manfaat beasiswa yang biasanya kita publikasikan saja,’’ kata Sekjen KWP, Ariawan. 

Terkait hal ini, Ibas menyatakan pihaknya mencatat dan siap membantu memperjuangkan aspirasi para jurnalis parlemen. ‘’Kerja kami adalah menampung aspirasi. Maka kami sangat senang untuk membantu kawan-kawan media menyuarakan aspirasinya,’’ kata Ibas.

Materi diskusi yang juga menarik, terkait peliputan seputar haji. ‘’Kami punya slot peliputan haji. Maka kita coba minta kawan-kawan dari Press Room untuk turut mengawasi dan memberitakan kegiatan tersebut,’’ tukas Marlen.

Ibas pun menyatakan setuju dan mendorong keterlibatan media dalam peliputan haji untuk melaporkan kegiatan tersebut kepada publik. ‘’Kami dukung,’’ kata Ibas. 

Terakhir, Ibas meminta para jurnalis untuk tidak segan meminta atau mengajak para anggota FPD, berbicara kepada publik melalui media. Menurutnya, hal ini perlu karena tidak semua anggota memiliki kecenderungan aktif memberikan statemen dengan menggunakan media nasional. 

‘’Ada beberapa karakter anggota kami yang perlu diajak untuk bisa memberikan statemen. Maka kami harap kawan-kawan semua mengajak mereka mengeluarkan statemen,’’ katanya.(***)

 

 

 

 

Berita Lainnya

Nasional

Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun

Nasional

Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif

Nasional

Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan

Nasional

Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh

Nasional

PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko

Nasional

BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir

Nasional

Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian

Nasional

Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi

Berita: Nasional - Ibas: Kelangkaan Pupuk Petani Jadi Persoalan Klasik dari Tahun ke Tahun •  Nasional - Ibas Dorong Percepatan Vaksinasi Daerah Agar Belajar Mengajar Kembali Efektif •  Nasional - Kawal Program BSPS, Ketua FPD DPR: Negara Bisa Kempes Sedikit Kantongnya, Rakyat Jangan •  Nasional - Demokrat Kritik Kereta Cepat Pakai APBN: Rakyat Tak Butuh •  Nasional - PD Minta Kader Jaga Keutuhan Partai: Musuh Kita Kubu Moeldoko •  Nasional - BPOM dan Anggota Komisi IX DPR RI ZA Sosialisasi Obat dan Makanan di Merangin dan Pelepat Ilir •  Nasional - Dua Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Legislator Sebut Sektor Pertanian Masih Kurang Dapat Perhatian •  Nasional - Benny K Harman Baca Langkah Yusril: Ingin Rebut Demokrat Secara Ilegal Atas Nama Hukum dan Demokrasi •