Irwan Fecho: Revisi UU Jalan Penting untuk Pemerataan Pembangunan

Jumat, 25 Juni 2021 05:14

IRWAN FECHO

Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI menginisiasi agar revisi Undang-Undang Nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan (Revisi UU Jalan) dapat dituntaskan pada tahun ini.

Kapoksi Partai Demokrat Komisi V DPR RI Irwan Fecho mengatakan Revisi UU Jalan saat ini sudah mulai dibahas pada tingkat panitia kerja atau Panja di komisi bidang infrastruktur itu.

"Kami akan perjuangkan RUU Jalan ini agar bisa masuk dalam ketetapan UU Jalan pasca revisi," ucap Irwan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (23/6).

Dia menjelaskan selama ini pemerintah daerah belum mampu membiayai pembangunan infrastruktur jalan di daerahnya.

Hal itu menurut Irwan, membuat kondisi infrastruktur jalan di kabupaten dan provinsi berbanding terbalik dengan jalan nasional.

"Konektivitas infrastruktur menjadi putus sehingga pemerataan pembangunan sampai desa sulit di lakukan," ucap dia.

Politikus asal Kalimantan Timur itu menegaskan sikap FPD dalam revisi UU Jalan sangat jelas terkait pemerataan pembangunan infrastruktur jalan.

Menurut Irwan, jalan-jalan di desa, kabupaten, dan provinsi yang selama ini masih tidak layak karena ketidakmampuan pembiayaan, ke depan bisa dibangun menggunakan APBN.

"Ini bertujuan supaya percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di daerah bisa merata dan berkeadilan," ucap wakil sekretaris FPD DPR itu.

Dia menambahkan, revisi UU Jalan harus memuat pasal yang jelas dan tegas mengatur terkait pembiayaan pemerintah pusat dalam pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

"Di samping itu perlu sanksi yang sangat tegas bagi pengguna over dimension dan over loading (ODOL) yang selama ini merusak jalan," pungkas Irwan Fecho. (fat/jpnn)


Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •