Indonesia Akan Contoh Kesuksesan Industri Pariwisata di Kroasia

Kamis, 21 September 2023 09:28

putu kriasia

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana bersama dengan Wakil Ketua BKSAP DPR RI Sukamta menerima Duta Besar Kroasia H.E. Nebojsa Koharovic. Dalam pertemuan ini kedua belah pihak mendiskusikan soal peningkatan kerjasama di bidang pariwisata. Putu pun memuji kehebatan Kroasia dalam bidang pariwisata, menjadi destinasi tujuan pariwisata di Eropa.

"Tidak hanya dalam bidang parlemen seperti disampaikan tadi, tapi lebih jauh dari itu kita ketahui Kroasia merupakan destinasi utama Pariwisata di Eropa penduduknya kurang dari empat juta less than four miliar, tapi turisnya more than sixteen million jadi satu penduduk itu empat kali tourismnya. Dan mereka punya sistem turisme yang sophisticated atau sudah luar biasa," papar Putu di ruang delegasi, Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Anggota Dewan dari Dapil Bali ini ingin mengadopsi kesuksesan Kroasia di bidang pariwisata. "Nah tentu kerja sama ke depan kita akan fokuskan yang utama adalah bagaimana setelah parlemen cooperation kita akan bangun kerja sama dalam bidang tourism. Kita ingin apa yang sudah mereka capai juga bisa menjadi inspirasi bagi kita di sini," ungkap Putu.

Di kesempatan yang sama, Sukamta mengungkapkan, kelebihan Kroasia selain alamnya mendukung, daratan, lautan, juga lingkungan dan ekosistem pariwisatanya cukup bagus. Dia menilai industri pariwisata di Kroasia sudah terbentuk. Jadi orang datang ke Kroasia itu bukan hanya melihat alam, tapi juga berinteraksi dengan manusianya. "Berinteraksi dengan orangnya dan destinasinya itu mengalir. Orang tidak kekurangan agenda untuk visit  di Kroasia," ujarnya.

Anggota Dewan dari Dapil Yogyakarta ini ingin mendorong lebih lanjut agar turisme di Indonesia yang hari ini masih mengandalkan alam akan ditingkatkan infrastruktur penunjangnya. Kemudian culture of the people atau budaya orangnya yang ramah terhadap wisatawan dan mendukung  industri pariwisata.

"Nah itu sebabnya penting kita mendorong agar ada kerja sama orang yang concern di pariwisata selain pemerintah seperti universitas yang menangani wisata mendidik mahasiswanya untuk juga bekerja sama dengan Kroasia. Saya kira tadi Pak Dubes itu juga sangat welcome untuk mendorong kerja sama antar universitas di Indonesia," jelas Sukamta. (ssb/aha)

( sumber : dpr.go.id )


Berita Lainnya

Nasional

BKSAP DPR RI Apresiasi Keaktifan Sekjen AIPA Tanggapi Berbagai Isu di ASEAN

Nasional

Benny K Harman Kritik Pungli di Lapas yang Sulit Diberantas

Nasional

Kehadiran Starlink Harus Tetap Berdasarkan Asas Keadilan bagi Provider Lokal

Nasional

Legislator Nilai Syarat Menjadi Pejabat Politik Terlalu Mudah

Nasional

Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog

Nasional

vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara

Nasional

Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan

Nasional

Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya

Berita: Nasional - BKSAP DPR RI Apresiasi Keaktifan Sekjen AIPA Tanggapi Berbagai Isu di ASEAN •  Nasional - Benny K Harman Kritik Pungli di Lapas yang Sulit Diberantas •  Nasional - Kehadiran Starlink Harus Tetap Berdasarkan Asas Keadilan bagi Provider Lokal •  Nasional - Legislator Nilai Syarat Menjadi Pejabat Politik Terlalu Mudah •  Nasional - Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog •  Nasional - vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara •  Nasional - Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan •  Nasional - Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya •