Ibas Raih Gelar Doktor Cum Laude Bidang Ilmu Manajemen dan Bisnis IPB

Jumat, 11 Juni 2021 12:56

ibas doktor

Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) akrab disapa Ibas dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor bidang Ilmu Manajemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor-IPB tepat pada pukul  14:42  WIB, Kamis 10 Juni 2021. Pernyataan kelulusan Promovendus EBY disampaikan Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F. sebagai Pimpinan Sidang mewakili Rektor IPB dengan Promotor  Prof.Dr.Ir. Hermanto Siregar, M.Ec.

Ibas mempertanggungjawabkan karya ilmiah disertasi didepan panel penguji dengan judul strategi pembiyaan dan investasi untuk pengembangan pariwisata terpadu yang berkelanjutan dan inklusi. Ibas tampak menjawab dengan sangat percaya diri dan bersemangat di depan panel penguji.

Ibas memberi contoh bagi para pejabat serta birokrat lainnya bahwa untuk menempuh studi dilakukan dengan 12 tahapan. Semua tahapan itu dilaluinya tanpa mengenakan atribusi kewenangan dan baju pejabat. Ibas mendudukkan dirinya sama dengan mahasiswa lainnya. Prof Dr. Firmanzah (alm.) sempat menejadi penguji ekseternal pada salah satu tahapan yaitu ujian proposal. Setidaknya Prof Fiz, almarhum mengingatkan Ibas kala itu, bahwa sebagai peneliti dan mahasiswa, segala atribut kekuasaan harus disingkirkan. Fakta ini ditemukan dalam video ujian proposal disertasi tahun 2020 lalu.

Kebaruan penelitian Ibas diperoleh dari gap research mengenai skenario kebijakan pariwisata di Indonesia dan metode mix methode dan model Analisis Hierarchy serta pendekatan statistik dan ekonomterik. Disertasi ini sangat kompleks, mulai dari skala mikro sampai dengan makro hingga kebijakan.

Adik dari Agus Harimurti Yudhoyono ini meraih gelar Bachelor of Commerce in Finance and E-Commerce tahun 2005 di Curtin University, Perth, Australia. Hari ini, Edhie Baskoro Yudhoyono melengkapi gelar strata 3 dengan sangat memuaskan. ***ams

Berita Lainnya

Nasional

Fraksi Demokrat Dukung Pembentukan Panja Kasus Dugaan Impor Emas

Nasional

Covid Masih Tinggi Pertumbuhan Ekonomi Minus, FPD DPR Sebut Pemerintah Tak Optimalkan UU Corona

Nasional

Anggota DPR: Pasal perzinaan di RKUHP patut dikaji secara hati-hati

Nasional

Kasus Kilang Minyak Cilacap, Komisi VII DPR Diminta Panggil Dirut Pertamina

Nasional

SBY ke Ibas yang Jadi Doktor IPB: A New Beginning For You

Nasional

Batalkan Pungutan Pajak Kuliti Rakyat, Supadma: Jangan Bebani Rakyat Karena Gegabah Investasi "Ugal-Ugalan"

Nasional

Transmigran Morowali Diusir Perusahaan Menteri ATR Hanya Sedih

Nasional

Elite Demokrat Puji Pertemuan Anies-RK: Makin Banyak Alternatif

Berita: Nasional - Fraksi Demokrat Dukung Pembentukan Panja Kasus Dugaan Impor Emas •  Nasional - Covid Masih Tinggi Pertumbuhan Ekonomi Minus, FPD DPR Sebut Pemerintah Tak Optimalkan UU Corona •  Nasional - Anggota DPR: Pasal perzinaan di RKUHP patut dikaji secara hati-hati •  Nasional - Kasus Kilang Minyak Cilacap, Komisi VII DPR Diminta Panggil Dirut Pertamina •  Nasional - SBY ke Ibas yang Jadi Doktor IPB: A New Beginning For You •  Nasional - Batalkan Pungutan Pajak Kuliti Rakyat, Supadma: Jangan Bebani Rakyat Karena Gegabah Investasi "Ugal-Ugalan" •  Nasional - Transmigran Morowali Diusir Perusahaan Menteri ATR Hanya Sedih •  Nasional - Elite Demokrat Puji Pertemuan Anies-RK: Makin Banyak Alternatif •