Senin, 22 Juni 2020 19:31

IBAS banggar3

Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono meminta para Kementerian Koordinator (Kemenko) menyusun rencana dan strategi (Renstra) yang tepat sasaran. Tujuannya agar pengangguran dan kemiskinan dapat dikurangi sesuai skenario pemulihan ekonomi.

Hal ini disampaikan Ibas, sapaan Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) itu dalam Rapat Banggar DPR RI dengan dengan Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menkomarives Luhut Binsar Pandjaitan dan Sekretaris Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Y.B. Satya Sananugraha yang diselenggarakan secara virtual dan fisik di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Simpulan rapat menyebutkan bahwa keberhasilan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2020 akan menjadi landasan dalam penyusunan RAPBN Tahun 2021 berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021. Program dan kebijakan yang disampaikan 4 Kementerian Koordinator dinilai strategis untuk menyukseskan pembangunan Indonesia tahun 2021.

‘’Pastikan Renstra 2021 Kemenko tepat sasaran untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan sesuai skenario yang disiapkan, hingga kita harapkan semua sektor terdampak dapat pulih dan bangkit,’’ kata Ibas.

Dikatakan bahwa baru saja mau lepas landas ekonominya. Di tahun-tahun berjalan, ekonomi bertumbuh cenderung datar.

‘’Nah, sekarang kita kena hantam pula oleh Covid-19. Pertumbuhan dunia negative, begitu juga Indonesia, menurun. Karena kita tahu komponen pertumbuhan itu Y = GS + C + I + Net (X-M), yakni ekonomi tumbuh, daya beli terjaga. Untuk itu, Renstra harus benar-benar disusun tepat sasaran,’’ katanya.

Menurut Ibas, fokus Indonesia kini penanganan pandemi Covid-19 dan memastikan pemulihan ekonomi nasional berjalan dengan baik. Maka jika tahun ini dapat berhasil dan rencana strategi tahun 2021 disusun dengan baik dan tepat, ekonomi akan tumbuh dan Indonesia selamat dari krisis multidimensi.

Karena itulah, Banggar juga menyampaikan sejumlah catatan. Pertama, menerima penjelasan para Kemenko terkait agenda prioritas tahun 2021 berikut target dan indikator nasional serta strategi dalam mendukung prioritas nasional. Berkenaan dengan itu, Banggar berharap semua dapat tercapai dengan baik.
Kedua, Banggar menerima penjelasan para KemenKo terkait pagu indikatif rencana kerja (RKA) dan rencana kerja (RKP) kemenKo. Berkenaan dengan itu, Banggar akan melakukan pembahasan lebih lanjut.

Ketiga, mendukung peningkatan kebutuhan anggaran kementerian KemenKo sesuai usulan kebutuhan tambahan anggaran. Usulan tersebut akan dibahas lebih lanjut sesuai mekanisme pembahasan yang ditetapkan oleh Badan Anggaran.

Keempat, memberikan apresiasi atas upaya dan dukungan yang telah dilakukan oleh KemenKo dalam menkordinasikan upaya membantu penanganan pandemi covid-19 di Indonesia.

Kelima, Banggar mendukung KemenKo untuk berperan dan menkoordinasikan aktif dalam penerapan tatanan kehidupan baru (new normal) melalui pendisiplinan protokol kesehatan di masyarakat dengan mengedepankan pendekatan yang persuasif dan humanis. (mediafpd)

Berita Lainya

Nasional

Marwan: Cadep Gubernur BI Harus Mampu Yakinkan Ekonomi Membaik di 2021

Nasional

Wahyu Sanjaya Nilai BPN Tidak Konsisten

Nasional

Wasekjen Demokrat: Pemerintah Jangan Bebani Rakyat Untuk Rumah

Nasional

Syarief Hasan Dorong Presiden Segera Ambil Keputusan Tegas Terkait RUU HIP

Nasional

Ekspor Benih Lobster, Legislator Demokrat Sebut Pemerintah Tak Berpihak pada Nelayan

Nasional

Politikus Demokrat Kecam Wacana Pencabutan RUU PKS dari Prolegnas Prioritas 2020

Nasional

Anggota Komisi XI DPR minta pemerintah jangan lemahkan OJK

Nasional

Demokrat Konsisten Menolak RUU HIP dan Supaya Dikeluarkan dari Prolegnas DPR RI 2020

Berita: Nasional - Marwan: Cadep Gubernur BI Harus Mampu Yakinkan Ekonomi Membaik di 2021 •  Nasional - Wahyu Sanjaya Nilai BPN Tidak Konsisten •  Nasional - Wasekjen Demokrat: Pemerintah Jangan Bebani Rakyat Untuk Rumah •  Nasional - Syarief Hasan Dorong Presiden Segera Ambil Keputusan Tegas Terkait RUU HIP •  Nasional - Ekspor Benih Lobster, Legislator Demokrat Sebut Pemerintah Tak Berpihak pada Nelayan •  Nasional - Politikus Demokrat Kecam Wacana Pencabutan RUU PKS dari Prolegnas Prioritas 2020 •  Nasional - Anggota Komisi XI DPR minta pemerintah jangan lemahkan OJK •  Nasional - Demokrat Konsisten Menolak RUU HIP dan Supaya Dikeluarkan dari Prolegnas DPR RI 2020 •