Hero Kunjungi Rumah Warga yang Mengadu Soal Sutet

Selasa, 24 Januari 2023 19:53

hero sutet

Anggota Komisi VI DPR RI, H.E Herman Khaeron mengunjungi rumah warga yang dilintasi oleh Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) di Desa Kanci, Minggu (22/1/2023).

Herman Khaeron mengatakan, beberapa waktu yang lalu, dirinya menerima pengaduan dari masyarakat Desa Kanci mengenai rumahnya yang dilewati oleh Sutet.

"Saya menerima aduan dari warga Kanci, intinya bahwa rumah dan tanahnya dilewati oleh Sutet," kata Hero, sapaan akrabnya.

Menurutnya, dalam hubungan antara korporasi dengan masyarakat, jika dilewati oleh Sutet ada dua jenis pembebasan. Pertama, pembebasan total atas lahan dan rumah. Sementara yang ke dua, warga diberikan kompensasi seumur hidup atas dilewatinya oleh Sutet.

Hero mengaku dirinya segera mengecek kondisi rumah warga yang dilewati oleh Sutet. Sebab menurutnya, hal ini ada implikasinya terhadap kesehatan masyarakat.

"Oleh karena itu saya ingin mengecek langsung, melihat di lapangan bagaimana kondisinya. Apalagi ini Dapil saya, sehingga setelah melihat seperti ini, saya punya bekal argumentasi dengan PLN untuk memberikan perhatian khusus terhadap masyarakat Kanci," katanya.

Menurutnya, apapun yang menjadi kesepakatannya, harus menjadi keputusan yang terbaik antara kedua belah pihak.

"Apapun yang jadi kesepakatannya, silakan nanti masyarakat dengan PLN, apakah pembebasan ataukah kompensasi. Yang pasti ini harus mendapatkan perhatian khusus," tuturnya.

Hero juga mengatakan, di Desa Kanci, ada total delapan keluarga yang menuntut tanahnya untuk dibebaskan.Menurutnya, ini merupakan pembangkit dari pihak swasta yang strumnya dijual kepada PLN.

"PLN biasanya akan selektif bahwa ketika menerima terhadap pembangkit ini seluruh persoalan dengan masyarakat sudah selesai. Tentu ini akan saya masukkan dalam urusan penyelesaian pihak pembangkit swasta dengan PLN agar segera tuntas, kasihan masyarakat. Dalam waktu dekat kita akan bertemu dengan PLN," imbuhnya.(Fanny)

( sumber : kabarcirebon.pikiran-rakyat.com )


Berita Lainnya

Nasional

Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog

Nasional

vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara

Nasional

Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan

Nasional

Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya

Nasional

Transformasi Digital Harus Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat

Nasional

Anggota DPR Kritik Wacana Presiden Dipilih MPR: Ciptakan Ketidakstabilan

Nasional

Dukung Pengembangan Konsep Perang Modern TNI AD Melalui Penambahan Anggaran Kavaleri

Nasional

Anita Jacoba Minta Perpusnas Perhatikan Perpustakaan di Sekolah-Sekolah Kristen dan 3T

Berita: Nasional - Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog •  Nasional - vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara •  Nasional - Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan •  Nasional - Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya •  Nasional - Transformasi Digital Harus Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat •  Nasional - Anggota DPR Kritik Wacana Presiden Dipilih MPR: Ciptakan Ketidakstabilan •  Nasional - Dukung Pengembangan Konsep Perang Modern TNI AD Melalui Penambahan Anggaran Kavaleri •  Nasional - Anita Jacoba Minta Perpusnas Perhatikan Perpustakaan di Sekolah-Sekolah Kristen dan 3T •