Herman Khaeron Sosialisasi dan Bantu UMKM Bikin NIB

Senin, 22 Agustus 2022 06:52

Herman K

Anggota Komisi VI DPR, Herman Khaeron terus melakukan sosialisasi pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ia bahkan membantu UMKM untuk lebih mudah mengakses pembuatan NIB, melalui penyediaan gerai layanan NIB bagi pelaku UMKM.

Hal itu seperti terlihat saat Sosialisasi Formalisasi Usaha Mikro Strategis dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro yang ia gelar bersama Kementerian Koperasi dan UKM, Jumat (19/8/2022), di Hotel Prima Kota Cirebon.

“Kami terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya legalitas bagi pelaku UMKM,” ungkap Herman Khaeron.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, upaya itu penting dilakukan, mengingat jumlah UMKM yang sudah memiliki legalitas masih sangat minim.

“Dari 65 juta UMKM, hanya kurang dari 1 persen yang memiliki izin. Makanya aspek perizinan ini sedang kami kedepankan agar UMKM semakin memahami,” tuturnya.

Legalitas berupa NIB, sambung Herman Khaeron, akan memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM. Misalnya mempermudah akses terhadap lembaga pembiayaan, pembinaan, dan lain sebagainya.

“Kami sosialisasikan dan buka counter untuk pelaku UMKM bisa mendapatkan NIB secara gratis. Dengan NIB, cukup untuk mengakses lembaga pembiayaan,” katanya.

Ia menargetkan, setidaknya 10 persen dari jumlah pelaku UMKM di Cirebon dan Indramayu bisa memiliki NIB dalam waktu yang tidak lama kedepannya.

“Sejalan dengan itu, kami mendorong pemerintah untuk semakin agresif menjemput bola,” katanya. (jri)

( sumber : siberasi.id )

Berita Lainnya

Nasional

Santoso: F-PD Siap Lakukan Perubahan dan Perbaikan

Nasional

BKSAP DPR Harap Parlemen Uni Eropa Lebih Membuka Diri Kerja Sama dengan Indonesia

Nasional

Pertanyakan Anggaran hingga Sosok Setara Dirjen, Komisi X Tagih Output ‘Tim Bayangan’ Nadiem Makarim

Nasional

Gas Melon Mau Diganti Kompor Induksi, Legislator Demokrat: Bagaimana Nasib Pedagang Kaki Lima?

Nasional

BKSAP DPR Harap Diplomasi Parlemen Dapat Optimalkan Potensi Daerah di Indonesia

Nasional

Ditjen PSLB3 KLHK Didesak Miliki Langkah Terukur Tangani Volume Sampah

Nasional

RUU Kepariwisataan Hadirkan Tata Kelola Baru Pariwisata yang Komprehensif dan Berkelanjutan

Nasional

Anwar Hafid: Sistem dan Sarpras BMKG Harus Ditingkatkan

Berita: Nasional - Santoso: F-PD Siap Lakukan Perubahan dan Perbaikan •  Nasional - BKSAP DPR Harap Parlemen Uni Eropa Lebih Membuka Diri Kerja Sama dengan Indonesia •  Nasional - Pertanyakan Anggaran hingga Sosok Setara Dirjen, Komisi X Tagih Output ‘Tim Bayangan’ Nadiem Makarim •  Nasional - Gas Melon Mau Diganti Kompor Induksi, Legislator Demokrat: Bagaimana Nasib Pedagang Kaki Lima? •  Nasional - BKSAP DPR Harap Diplomasi Parlemen Dapat Optimalkan Potensi Daerah di Indonesia •  Nasional - Ditjen PSLB3 KLHK Didesak Miliki Langkah Terukur Tangani Volume Sampah •  Nasional - RUU Kepariwisataan Hadirkan Tata Kelola Baru Pariwisata yang Komprehensif dan Berkelanjutan •  Nasional - Anwar Hafid: Sistem dan Sarpras BMKG Harus Ditingkatkan •