Herman Khaeron : Kemitraan UMKM – BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 30 November 2022 16:05

HH dpr 2

Anggota Komisi VI DPR RI, Dr Ir H Herman Khaeron MSi mendukung program kemitraan antara UMKM dengan BUMN, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, kemitraan antara UMKM dengan BUMN harus terus ditingkatkan. Dikatakan, setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki anggaran  CSR (Corporate Social Responsibility) atau kepedulian terhadap lingkungan maupun program kemitraan bina lingkungan (PKBL).

Juga ada program yang langsung memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat, seperti pembentukan Holding Ultra Mikro yang beranggotakan BRI, PNM dan Pegadaian. “Holding Ultra Mikro ini bisa memberikan modal dengan gampang kepada UMKM tanpa agunan,” kata Hero, sapaan Herman Khaeron.

Disamping itu, tambahnya, untuk usaha yang lebih besar juga ada fasilitas KUR (Kredit Usaha Rakyat), dimana tata caranya mudah. Sehingga masyarakat akan survive dan mampu tingkatkan usaha.

“Jadi jangan hanya yang besar saja yang berkembang. Kita ingin usaha kecil bisa semakin besar dan yang besar juga tetap bisa eksis,” ujar Hero, usai kegiatan Sosialisasi Peran Kemitraan UMKM-BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Senin, 28 November 2022, di Indramayu.

Dikatakan, sosialisasi ini sangat penting agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM tahu dan bisa memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh kemudahan dalam berusaha. Baik dari sisi permodalan maupun pemasaran.

Hero juga mengaku bangga karena sudah banyak BUMN besar seperti Pertamina yang sudah menjalin kerjasama dengan UMKM. Misalnya dalam hal suplai kebutuhan makanan, tenaga kerja dan yang lainnya.

Sementara Pembina Yayasan Mitra Sehati, dr Hj Ratnawati MKKK, saat menyampaikan materi via zoom mengatakan, Yayasan Mitra Sehati hadir untuk melakukan pembinaan UMKM di wilayah Kabupaten Indramayu dan Cirebon.

Dikatakan, keberadaan UMKM di wilayah Indramayu dan Cirebon terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena UMKM memang merupakan usaha yang terbukti tahan krisis.

“UMKM merupakan penggerak ekonomi nasional. Ekonomi Indonesia sangat terbantu dengan keberadaan UMKM yang jumlahnya semakin banyak,” ungkapnya.

Anggota Persatuan Istri Anggota DPR RI (PIA DPR RI) Fraksi Demokrat ini juga mengingatkan kepada UMKM agar selalu menjaga kualitas produk serta kontinuitas produksi. “Salah satu kelamahan UMKM yang sering kita temukan adalah tidak bisa menjaga  kualitas produk,” ujar istri dari Herman Khaeron ini.(oet)

( sumber : radarindramayu.disway.id )

Berita Lainnya

Nasional

Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini

Nasional

Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding

Nasional

Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022

Nasional

Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa

Nasional

Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan

Nasional

Banyak Program Pendidikan yang Baik Tidak Terdukung Anggaran

Nasional

Komisi V DPR: Bandara Perintis Sangat Mendesak Dibutuhkan Masyarakat

Nasional

FPD : Vonis nihil Benny Tjokro Bisa Merobek Rasa Keadilan?

Berita: Nasional - Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini •  Nasional - Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding •  Nasional - Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022 •  Nasional - Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa •  Nasional - Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan •  Nasional - Banyak Program Pendidikan yang Baik Tidak Terdukung Anggaran •  Nasional - Komisi V DPR: Bandara Perintis Sangat Mendesak Dibutuhkan Masyarakat •  Nasional - FPD : Vonis nihil Benny Tjokro Bisa Merobek Rasa Keadilan? •