Herman Khaeron Berharap Agar Badan Pangan Nasional Menjadi Mitra Komisi VI Sesuai dengan Usul Pemerintah

Rabu, 31 Agustus 2022 11:08

Herman komisi IV

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mengatakan bahwa Undang-undang 18 tahun 2012 tentang Pangan mengatakan bahwa Penyelenggaraan Pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan. Dia pun berharap agar Badan Pangan Nasional menjadi mitra Komisi VI, sesuai dengan usul dari Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

"Saya mempertanyakan terhadap sampai saat ini belum ditetapkanya kemitraan badan pangan nasional tersebut. Padahal kalau dokumen yang saya terima tanggal 5 April 2022 telah terkirimkan penyampaian usulan Badan Pangan Nasional sebagai mitra Komisi VI DPR RI yang ditandatangani Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia," papar Herman saat memberikan interupsi pada saat Rapat Paripurna di Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Menurut Politisi dari Fraksi partai Demokrat ini spirit dari Undang-Undang Pangan harus dijaga bersama. "Tentu kalau melihat urgensi terhadap pangan ini harus kita jaga harus kita kawal bersama, oleh karenanya saya meminta pimpinan dan seluruh Anggota DPR untuk mengedepankan rasa tanggung jawab terhadap kedaulatan, kemandirian, ketahanan, dan keamanan pangan ke depan," jelas Herman.

Anggota Dewan dari Dapil Jawa Barat VIII ini mengungkapkan, dengan melihat situasi pangan saat ini, tentu para pemangku kepentingan harus mengawal secara sungguh-sungguh. Terlebih lagi saat ini inflasi sudah mencapai 10 persen lebih, tentu ini tidak main-main dengan masa depan situasi pangan Indonesia.

"Oleh karena itu, kami mohon pimpinan untuk memprioritaskan segera, mengumumkan kemitraan ini sesuai dengan usulan pemerintah, dan tentu ini semata-mata untuk kebaikan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia," pungkas Herman. (ssb/aha)

 

( sumber : dpr.go.id )

Berita Lainnya

Nasional

Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa

Nasional

Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

Nasional

Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut

Nasional

Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini

Nasional

Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding

Nasional

Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022

Nasional

Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa

Nasional

Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan

Berita: Nasional - Harga Terbang ke Papua Jauh Lebih Mahal daripada ke Eropa •  Nasional - Komisi I DPR Uji Calon Dubes untuk 13 Negara, Ini Daftar Lengkapnya •  Nasional - Legislator Demokrat Dukung Kepala BRIN Diganti: Bikin Karut-Marut •  Nasional - Muslim Minta Pusat Masukkan Aceh dalam Target Investasi Nasional Tahun Ini •  Nasional - Menpan RB Diminta Jelaskan Maksud Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun Habis untuk Rapat dan Studi Banding •  Nasional - Legislator Harap Pertamina Dapat Tingkatkan Kinerja Positif tahun 2022 •  Nasional - Rizki Natakusumah Dukung Semangat Ratifikasi Konvensi Internasional Pelindungan dari Penghilangan Paksa •  Nasional - Kehadiran Badan Pangan Nasional Diharapkan Dapat Atasi Mafia Pangan •