Harga Tiket Pesawat Tinggi, Irwan Minta Menhub Segera Evaluasi

Senin, 13 Juni 2022 11:09

bandara

Akhir-akhir ini masyarakat sedang diresahkan terkait melambungnya harga tiket pesawat dengan tujuan domestik maupun mancanegara. Seperti diketahui, harga tiket pesawat Jakarta-Singapura yang tadinya terkenal murah, kini melonjak jutaan rupiah. Hal ini membuat para masyarakat bertanya-tanya terkait apa pemicu kenaikan harga tersebut?

Mengutip informasi harga dari Traveloka, tiket termurah rute Jakarta-Singapura untuk penerbangan Senin (13/6/2022) yakni Rp2.091.710 per orang pesawat kelas ekonomi transit 1x, dengan Lion Air dan Scoot, sedangkan direct dengan Garuda Indonesia dikutip melalui laman resminya, penerbangan ke Singapura seharga Rp7.224.700 per orang menggunakan kelas ekonomi.

Adapun, untuk penerbangan rute sebaliknya (Singapura-Jakarta) untuk penerbangan langsung dibanderol Rp6.607.500 per orang yang disediakan maskapai Batik Air.

Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencarikan solusi untuk mengatasi mahalnya harga tiket pesawat terbang belakangan ini.

"Apakah memungkinkan untuk menurunkan tarif batas atas (TBA) kelas ekonomi, termasuk mengawasi ketat penerapan batas atas. Jangan sampai ada maskapai yang menetapkan tarif di atas batas atas," kata Sigit Sosiantomo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Sigit menyampaikan hal itu menyusul banyaknya keluhan masyarakat soal kenaikan tarif tiket pesawat. Menurutnya harga tiket yang melonjak dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian Indonesia, khususnya di sektor transportasi udara yang mulai bangkit pascapandemi Covid-19.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Irwan, saat rapat kerja dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (7/6/2022). Irwan meminta Menhub Budi segera mengevaluasi harga tiket pesawat yang melambung tinggi.

Irwan mengatakan, sebelumnya harga tiket pesawat yang tinggi hanya terjadi di beberapa rute tertentu. Namun, harga tiket pesawat yang mahal kini terjadi di semua rute.

"Sampai di penerbangan perintis harganya naik, tentu sangat bijaksana jika ada evaluasi terhadap tuslah yang sudah diambil Kemenhub," ujarnya.

Selain itu, Kemenhub juga diminta untuk mengevaluasi tarif batas atas tiket pesawat. Irwan menyebutkan, saat ini banyak maskapai yang melanggar tarif batas atas.

Langkah Pemerintah Menekan Tingginya Harga Tiket Pesawat

Menhub Budi Karya Sumadi akhirnya angkat bicara mengenai melonjaknya harga tiket pesawat. Ia menyebut permasalahan tersebut tidak bisa diselesaikan dari satu pihak saja. Dia mengatakan ada beberapa hal yang menjadi penyebab mahalnya tiket penerbangan. Mulai dari menurunnya jumlah armada pesawat dan peningkatan harga avtur.

"Berkaitan dengan tiket pesawat, memang ada satu hal yang mesti kita selesaikan bersama. Mungkin kita hanya menetapkan sesuatu saja [aturan fuel surcharge]," kata Budi usai rapat kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Adapun, harga bahan bakar pesawat itu saat ini memang terus menunjukan grafik peningkatan. Merujuk informasi milik Pertamina, harga avtur untuk 1-14 Juni 2022 di Bandara Soekarno-Hatta Rp15.748 per liter. Angka ini naik dari bulan sebelumnya, 1-14 Mei 2022 yang sebesar Rp14.969 per liter. Kondisi tersebut otomatis membuat tarif tiket pesawat untuk penerbangan internasional ikut terangkat.

Kementerian Perhubungan menurutnya memiliki solusi jangka pendek dengan peningkatan okupansi. Ia menyebut, saat tingkat okupansi pesawat di bawah 50 persen, penerbangan suatu maskapai dianggap rugi sehingga mau tidak mau maskapai harus menaikkan harga tiket agar tidak rugi.

"Katakanlah okupansi di bawah 50%, dengan di bawah 50% maka perusahaan penerbangan itu rugi. Karenanya kita bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk memberikan suatu seperti sharing block seat [memesan bangku pesawat], sehingga minimal penjualan[okupansi] itu bisa di atas 60%," kata dia.

Jika okupansi berada lebih dari 60 persen, Menhub menyebut, tarif yang lebih murah bisa diberlakukan.

"Jadi kita upayakan seperti beberapa tempat seperti di Toraja, Silampari, kita kumpulkan itu Bupati bicara tentang menanggung block seat, yang dipakai oleh pegawai pemda atau relasi," katanya.

Tidak hanya itu, Kementerian Perhubungan juga berharap penambahan armada pesawat agar mendorong penurunan harga tiket.

( sumber : akurat.co )

Berita Lainnya

Nasional

Perlu Adanya Aturan Bersama Atasi Tumpang Tindih Pengembangan Pariwisata

Nasional

Penyaluran Dana BLT BBM Sembako Dan PKH Desa Pohgading Timur Dipantau Langsung Anggota DPR RI KOmisi VIII Fraksi Partai Demokrat Bersama Bupati Lombok Timur

Nasional

Herman Khaeron : Kemitraan UMKM – BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Nasional

Herman Khaeron Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Nasional

RKUHP Dibawa ke Paripurna, Fraksi Demokrat: Jamin Hak-hak Kebebasan Berpendapat

Nasional

Komisi VI Apresiasi PLN Wujudkan Pemerataan Listrik di Daerah 3T

Nasional

Pemerintah Berencana Bagikan ‘Rice Cooker’ Gratis, Sartono Berharap Bantu Ekonomi Masyarakat

Nasional

M Nasir Serahkan Bantuan Komperter BBM ke BBG ke Petani upaya pencegahan Langkanya Gas 3 Kg

Berita: Nasional - Perlu Adanya Aturan Bersama Atasi Tumpang Tindih Pengembangan Pariwisata •  Nasional - Penyaluran Dana BLT BBM Sembako Dan PKH Desa Pohgading Timur Dipantau Langsung Anggota DPR RI KOmisi VIII Fraksi Partai Demokrat Bersama Bupati Lombok Timur •  Nasional - Herman Khaeron : Kemitraan UMKM – BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi •  Nasional - Herman Khaeron Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan •  Nasional - RKUHP Dibawa ke Paripurna, Fraksi Demokrat: Jamin Hak-hak Kebebasan Berpendapat •  Nasional - Komisi VI Apresiasi PLN Wujudkan Pemerataan Listrik di Daerah 3T •  Nasional - Pemerintah Berencana Bagikan ‘Rice Cooker’ Gratis, Sartono Berharap Bantu Ekonomi Masyarakat •  Nasional - M Nasir Serahkan Bantuan Komperter BBM ke BBG ke Petani upaya pencegahan Langkanya Gas 3 Kg •