Hadiri Sidang Majelis Parlemen Asia, DPR RI Diskusikan Peran Parlemen dalam Pendidikan dan Pengentasan Kemiskinan

Selasa, 23 Mei 2023 11:40

bpk putu dpr

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana, mewakili delegasi DPR RI, melakukan pertemuan bilateral di sela-sela Sidang Komisi Ekonomi dan Pembangunan Berkelanjutan Majelis Parlemen Asia (APA), di Manama Bahrain. Pada kesempatan tersebut Delegasi DPR RI berdiskusi dengan Hon. Mr. Aslam Bhootani, MNA, Hon. Mr. Syed Ibrar Shah, serta Senator Dr. Sania Nishtar dari Delegasi Pakistan.

Kedua delegasi, berdasarkan keterangan Putu Supadma, mendiskusikan soal peran parlemen dalam upaya pengentasan kemiskinan dan kebijakan pendidikan nasional. Disamping itu, kedua delegasi juga membicarakan mengenai bagaimana parlemen kedua negara dapat lebih mempererat kerja sama melalui saling kunjung, serta peningkatan peran Grup Kerja Sama Bilateral antar kedua parlemen.

Berbagai isu pun dibahas khususnya terkait ekonomi dan pembangunan. Seperti isu soal kemiskinan di Asia dan isu-isu yang berhubungan dengan lingkungan. "Kami turut membahas hal yang menyangkut financial initiatives. Indonesia sendiri terlibat dalam beberapa resolusi utama. (Dalam pertemuan) Ini juga dibahas tentang krisis air dalam konteks pembangunan berkelanjutan," ungkap Putu Supadma dalam keterangannya kepada Parlementaria, Kamis (17/5/2023). 

Dalam pertemuan itu pula, kedua delegasi sepakat menyamakan visi kedepan dalam mendorong parlemen negara-negara Asia agar dapar berkontribusi menghadapi tantangan global. Adapun Sidang Majelis Parlemen Asia selain di Bahrain akan diadakan pula di Teheran, Iran untuk membahas isu seputar budgeting atau penganggaran. 

"Tentu kita berharap agar kawasan Asia ini betul-betul bisa stabil, aman dan yang terpenting adalah bagaimana mampu terus memberikan kontribusi dalam berbagai isu-isu Global dengan mitigasi climate change yang berhubungan dengan transisi energi serta juga kelangkaan baik pangan maupun energi," urai Putu Supadma. 

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini juga mengatakan harapannya Indonesia juga memberikan masukan-masukan komprehensif dalam berbagai referensi. "Harapannya apa-apa yang menjadi kepentingan bangsa, yang pada ujungnya memperjuangkan segala potensi bangsa, kita perjuangkan juga dalam APA ini," tegasnya. Turut hadir dalam pertemuan bilateral tersebut Wakil Ketua BKSAP Yth. Gilang Dhielafararez (F-PDIP), Yth. Irine Yusiana Roba Putri (F-PDIP), Yth. Ratih Megasari Singkarru (F-Nasdem), Yth. Muslim (F-Demokrat) serta Yth. Arzeti Bilbina (F-PKB). (aha) 

 

( sumber : dpr.go.id )


Berita Lainnya

Nasional

BKSAP DPR RI Apresiasi Keaktifan Sekjen AIPA Tanggapi Berbagai Isu di ASEAN

Nasional

Benny K Harman Kritik Pungli di Lapas yang Sulit Diberantas

Nasional

Kehadiran Starlink Harus Tetap Berdasarkan Asas Keadilan bagi Provider Lokal

Nasional

Legislator Nilai Syarat Menjadi Pejabat Politik Terlalu Mudah

Nasional

Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog

Nasional

vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara

Nasional

Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan

Nasional

Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya

Berita: Nasional - BKSAP DPR RI Apresiasi Keaktifan Sekjen AIPA Tanggapi Berbagai Isu di ASEAN •  Nasional - Benny K Harman Kritik Pungli di Lapas yang Sulit Diberantas •  Nasional - Kehadiran Starlink Harus Tetap Berdasarkan Asas Keadilan bagi Provider Lokal •  Nasional - Legislator Nilai Syarat Menjadi Pejabat Politik Terlalu Mudah •  Nasional - Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog •  Nasional - vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara •  Nasional - Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan •  Nasional - Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya •