Fraksi PD Soal Budi Gunawan Bisa Buka Ruang Impeachment Pemerintah

Kamis, 15 Januari 2015 00:00

Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Benny K.Harman, menyatakan bahwa keputusan DPR yang mengesahkan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri akan menyisakan masalah buat Pemerintahan Joko Widodo.

 

"Ini bisa saja akan membuka ruang impeachment. Karena pemerintah mengangkat seseorang yang bermasalah," kata Benny di Jakarta, Kamis (15/1), usai rapat paripurna DPR.

 

Menurutnya, sumpah jabatan presiden adalah melaksanakan konstitusi dengan benar.

 

"Bisa dianggap presiden melanggar konstitusi dengan mengangkat tersangka jadi kapolri. Sumpah jabatannya kan untuk menegakkan hukum setegak-tegaknya dan seadil-adilnya," kata dia.

 

Untuk diketahui, Rapat Paripurna DPR RI sudah menyetujui Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan Sutarman yang akan pensiun pada Oktober mendatang. Dari semua fraksi, hanya satu fraksi yang meminta penundaan pengesahan. Yakni Fraksi Partai Demokrat, yang menilai status tersangka Budi Gunawan harus ditanggapi dengan penundaan proses pengesahan Kapolri baru.

 

Sumber : beritasatu.com

Berita Lainnya

Nasional

Kemendikbud dan Kemenristek Dilebur, DPR: Peran BRIN Harus Independen

Nasional

Politikus Demokrat: RUU Perampasan Aset Sangat Urgent

Nasional

Syukuran KLB Demokrat Deli Serdang Ditolak, Achmad Ajak Kader Kembali Lakukan Kerja Nyata untuk Rakyat

Nasional

Wakil Ketua MPR Minta Peran Aktif Masyarakat Tangkal Radikalisme

Nasional

Jangan Sampai Negara Dikelola Ugal-ugalan, DPR Siap Panggil PLN dan ESDM Soal Rencana Kenaikan Tarif Listrik

Nasional

Nanang Respons Isu Merek atau Logo Demokrat

Nasional

Anggota DPR dukung konten RUU Kejaksaan harus dirumuskan komprehensif

Nasional

Rasa Keadilan Harus Bisa Didapatkan dalam RUU Kejaksaan

Berita: Nasional - Kemendikbud dan Kemenristek Dilebur, DPR: Peran BRIN Harus Independen •  Nasional - Politikus Demokrat: RUU Perampasan Aset Sangat Urgent •  Nasional - Syukuran KLB Demokrat Deli Serdang Ditolak, Achmad Ajak Kader Kembali Lakukan Kerja Nyata untuk Rakyat •  Nasional - Wakil Ketua MPR Minta Peran Aktif Masyarakat Tangkal Radikalisme •  Nasional - Jangan Sampai Negara Dikelola Ugal-ugalan, DPR Siap Panggil PLN dan ESDM Soal Rencana Kenaikan Tarif Listrik •  Nasional - Nanang Respons Isu Merek atau Logo Demokrat •  Nasional - Anggota DPR dukung konten RUU Kejaksaan harus dirumuskan komprehensif •  Nasional - Rasa Keadilan Harus Bisa Didapatkan dalam RUU Kejaksaan •