DPR: TikTok Diblokir Enggak Ada Ruginya Buat Indonesia

Senin, 03 Agustus 2020 23:46

tiktok

Polemik dunia tentang larangan kehadiran TikTok mengundang anggota Dewan angkat bicara. DPR menegaskan, TikTok atau aplikasi asing apapun harus tunduk terhadap perundang-undangan di Indonesia. Bila mangkir, mereka harus ditindak tegas misalnya dengan melarangnya beroperasi di sini. (Baca juga: Sudah saatnya Pemerintah Khawatir dengan Sepak Terjang TikTok di Indonesia)

Anggota Komisi XI DPR, Vera Febyanthy, berpendapat, pemerintah harus tegas dalam melindungi data serta menarik pajak dari perusahaan digital. "Ya kita ancam banned (blokir) aja kenapa kita enggak bisa. Toh TikTok harus ikuti peraturan pemerintah," kata Vera saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Minggu (3/8/2020).

Dia pun memuji kebijakan Australia yang memaksa Facebook dan Google untuk membayar konten berita di negaranya. Bahkan ada denda ratusan juta dolar menunggu jika raksasa internet tak mematuhi kebijakan tersebut.

Di sisi lain, anggota Fraksi Partai Demokrat ini menambahkan, perusahan digital seperti TikTok jika dilarang pun tidak akan memberikan dampak buruk bagi Indonesia. Bahkan jika dilarang, anak bangsa bisa membuat aplikasi seperti TikTok yang bisa menjadi kebanggan negara.

"Kalau TikTok di-banned kita enggak rugi toh dia kan enggak ada edukasinya, cuma permainan saja. Kalau dilarang kita bisa bikin aplikasi yang punya edukasi tinggi dan juga menghibur, apalagi generasi milenial kita kan kreatif," tandasnya.

Berita Lainya

Nasional

Ada Pasal Hilang dari UU Ciptaker, Benny K Harman: Itu Kecerobohan Fatal!

Nasional

Akses Informasi untuk Mendorong Santri Berkontribusi bagi Negara

Nasional

Ibas: UMKM Sektor Krusial dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Nasional

SDK Kembali Guyur Bantuan Alsintan Ke Petani Mamuju

Nasional

Hinca Pandjaitan: UU Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Tidak Mengenal Sistem Omnibus Law

Nasional

Publik Tak Puas Kinerja Jokowi Versi Litbang Kompas, PD: Karena UU Ciptaker

Nasional

Lucy Kurniasari Ingatkan Libur Bersama Berpeluang Menambah Kasus Covid-19

Nasional

Luar Biasa! Demokrat Pasang 31 Titik Wifi Gratis di Kota Surabaya bagi Pelajar

Berita: Nasional - Ada Pasal Hilang dari UU Ciptaker, Benny K Harman: Itu Kecerobohan Fatal! •  Nasional - Akses Informasi untuk Mendorong Santri Berkontribusi bagi Negara •  Nasional - Ibas: UMKM Sektor Krusial dalam Pemulihan Ekonomi Nasional •  Nasional - SDK Kembali Guyur Bantuan Alsintan Ke Petani Mamuju •  Nasional - Hinca Pandjaitan: UU Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Tidak Mengenal Sistem Omnibus Law •  Nasional - Publik Tak Puas Kinerja Jokowi Versi Litbang Kompas, PD: Karena UU Ciptaker •  Nasional - Lucy Kurniasari Ingatkan Libur Bersama Berpeluang Menambah Kasus Covid-19 •  Nasional - Luar Biasa! Demokrat Pasang 31 Titik Wifi Gratis di Kota Surabaya bagi Pelajar •