DPR Minta Pemerintah Terus Bantu Pelaku Usaha Wisata

Minggu, 20 September 2020 10:38

DEDE YUSUF (1)

Belum adanya langkah konkret pemerintah dalam melakukan penanganan hingga penekanan angka penyebaran Corona atau COVID-19 di tanah air diprediksi akan berdampak ke sejumlah lini sektor salah satunya pariwisata.

Hal tersebut bahkan diakui oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Macan Yusuf Effendi yang menilai pemerintah tidak mempunyai langkah tegas guna menekan angka penyebaran corona di tanah air.

Pasalnya, kata Dede begitu ia disapa, tidak adanya pemberlakuan aturan main yang tegas dalam menekan angka penyebaran corona akan berdampak kepada sektor pariwisata lantaran hilangnya kepercayaan masyarakat.

"Coba dari dulu aturan main diterapkan dengan baik langsung lockdown dua minggu, 3 minggu. Sekarangkan, PSBB buka, PSBB Buka. Itukan menimbulkan trust dari masyarakat yang tidak tumbuh kepada pemerintah," kata Dede Yusuf kepada wartawan, Sabtu (18/9/2020).

Dengan demikian, Dede Yusuf berharap, agar pemerintah dapat terus memberikan keringan dan bantuan kepada para pelaku wisata yang sampai saat ini masih terdampak Corona.

"Pemerintah harus sekali lagi memberikan keringan kepada pelaku-pelaku wisata, seperti keringan untuk tidak membayar pajak tahun ini. Lalu kemudian saya lihat kemarin BPJS Ketenagakerjaan sudah dipotong 99 persen cukup dengan satu persen begitu BPJS Kesehatan juga sehingga karyawan tidak diberhentikan itu bagus," kata Dede Yusuf.

Tidak hanya itu, kata mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini, pemerintah juga harus memberikan diskon listrik kepada para pelaku atau operator wisata.

"Listrik harus ada pengurangan bagaimana pun namanya hotel tempat pariwisata dan kebun binatang dan aquarium harus ada diskon listrik," ungkap Dede Yusuf.

Dede Yusuf berharap, agar semua bantuan yang nantinya diberikan kepada pelaku wisata masih melalui proses dan mekanisme yang mudah.

"Karena mereka berharap ada bantuan modal dari pemerintah Penyaluran kredit yang tepat sasaran . Jangan terlalu sulit kredit perbankan nya. Itu juga menjadi sangat penting," tandas Dede Yusuf.


Berita Lainnya

Nasional

Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali

Nasional

Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan

Nasional

Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah

Nasional

Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu

Nasional

Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Nasional

BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma

Nasional

Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo

Nasional

Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada

Berita: Nasional - Perkuat Ketahanan Air, DPR RI Ajak Parlemen Dunia Hadir dalam WWF di Bali •  Nasional - Dede Yusuf: Perundungan di Lingkungan Sekolah Tidak Dibenarkan •  Nasional - Infrastruktur Pendidikan Belum Sinkron, Tantangan Selesaikan RUU Bahasa Daerah •  Nasional - Komisi II kepada BPN: Basmi Mafia Tanah Mulai dari Internal Dulu •  Nasional - Perlunya Pembaharuan Kurikulum di SMK Penerbangan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri •  Nasional - BAKN Sayangkan Rendahnya Realisasi PMN Bio Farma •  Nasional - Soroti Persiapan Pilkada, Rizki Natakusumah Tanyakan Kesiapan Menkominfo •  Nasional - Menkominfo Diminta Kawal Layanan Informasi Selama Idul Fitri dan Pilkada •