DPR Masih Pertimbangkan Calon Kepala BIN

Jumat, 19 Juni 2015 00:00

JAKARTA – DPR RI dalam waktu dekat akan melakukan tes uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon tunggal Panglima TNI pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Soal calon Panglima TNI, DPR itu memberikan persetujuan. Sementara terhadap calon Kepala BIN, DPR memberikan pertimbangan,” kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta,  Kamis (18/06/15).

Agus menjelaskan, Gatot akan mengikuti fit and proper test di Komisi I DPR, dan jika lolos akan di bawa dalam rapat paripurna DPR RI untuk mendapatkan persetujuan bersama.

“Saat itu di Paripurna kami dari Fraksi Demokrat menyetujui dengan beberapa catatan,” ujarnya.

Namun untuk calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso, DPR masih perlu melakukan pertimbangan.

“DPR hanya memberikan pertimbangan. Pertimbangan itu bisa dipakai oleh Presiden, boleh juga tidak.” ungkapnya.

Diketahui, Letna Jenderal (Purn) TNI Sutiyoso hingga kini masih enggan untuk melepaskan jabatan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sebelumnya, Ketua DPR RI Setya Novanto mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI.

Selain nama Jenderal Gatot, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah berkirim surat kepada Pimpinan DPR RI untuk pengajuan nama mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyo atau Bang Yos sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Marciano Norman.

Menurut Setya, pengajuan nama itu diterima DPR sejak Selasa malam (09/06/15)

Setya melanjutkan, nama-nama yang telah diajukan Presiden kepada DPR itu akan segera diproses dalam rapat Badan Musyawarah sebelum dibawa ke rapat paripurna DPR RI, dan selanjutnya dilakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test)-nya.(*)

Berita Lainnya

Nasional

Demokrat Kubu AHY Optimistis MA Keluarkan Keputusan Seadil-adilnya

Nasional

Judicial Review Pro Muldoko Masuk Kategori “Begal Politik”

Nasional

Perlu Keseriusan Serap Produksi Baja Dalam Negeri, Legislator: Krakatau Steel Sudah Sangat Kompleks

Nasional

Pemerintah Diminta Ambil Sikap soal AUKUS, Jangan Cuma Bilang Khawatir

Nasional

Anggota FPD DPR RI Perjuangkan Peningkatan Upah Guru Honor

Nasional

Demokrat Soroti Penugasan Jokowi Numpuk di Luhut

Nasional

Demokrat soal Hak Angket Respons Kisruh KPK: Belum Perlu

Nasional

Bentengi Masyarakat dan Pemuda dari Masuknya Paham Radikalisme

Berita: Nasional - Demokrat Kubu AHY Optimistis MA Keluarkan Keputusan Seadil-adilnya •  Nasional - Judicial Review Pro Muldoko Masuk Kategori “Begal Politik” •  Nasional - Perlu Keseriusan Serap Produksi Baja Dalam Negeri, Legislator: Krakatau Steel Sudah Sangat Kompleks •  Nasional - Pemerintah Diminta Ambil Sikap soal AUKUS, Jangan Cuma Bilang Khawatir •  Nasional - Anggota FPD DPR RI Perjuangkan Peningkatan Upah Guru Honor •  Nasional - Demokrat Soroti Penugasan Jokowi Numpuk di Luhut •  Nasional - Demokrat soal Hak Angket Respons Kisruh KPK: Belum Perlu •  Nasional - Bentengi Masyarakat dan Pemuda dari Masuknya Paham Radikalisme •