Dorong Pemerintah Pusat Melacak Aliran Dana Alokasi Umum (DAU), Anita Jacoba : Lepaskan Penderitaan Guru Honorer Kita

Sabtu, 27 Mei 2023 06:57

ibu anita jacoba

Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah menyampaikan kekecewaan terhadap ketidakhadiran Mentri Keuangan dalam rapat kerja terkait permasalahan guru honorer atau tenaga PPPK. “Persoalan Dana Alokasi Umum (DAU)seharusnya menjadi tanggungjawab Kementrian Keuangan untuk hadir dan menjelaskan kepada kami di Komisi X, karena sampai hari ini ada puluhan ribu guru honorer yang belum diangkat bahkan tidak menerima gaji sesuai ketentuan karena ketidakjelasan Dana Alokasi Umum (DAU) yang telah disetor ke Pemerintahan Daerah” papar Anita dalam Rapat Kerja dengan Mendikbudristek RI, di Komplek DPR RI Rabu (24/5/2023).

Lebih lanjut, menurut informasi banyak guru honorer yang mengeluhkan Pemerintah Daerah justru mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk kepentingan lain, kata Anita, Pemerintah Pusat diharapkan turun tangan dan bertanggungjawab terhadap nasib kesejahteraan guru honorer, khususnya melacak alur keuangan negara yang dikelola oleh Pemerintahan Daerah.

“Bagaimana kita mau membahas berbagai program pendidikan apabila keuangan negara tidak dialokasikan dengan benar dan banyak diselewengkan oleh Pemerintahan Daerah. Kami di Komisi X berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan guru honorer demi terwujudnya rasa keadilan publik,” ungkap Politisi Fraksi Partai Demokrat ini.

Mendikbud menyatakan dalam waktu dekat guru honorer akan digaji melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Oleh karena itu, diminta agar daerah melakukan pendataan agar tidak ada lagi guru honorer yang tercecer.

Anita juga meminta kepastian atas pengelolaan Dana Alokasi Umum (DAU) apabila Pemerintah Daerah bermasalah segera dapat diambil alih oleh Pusat. “Mari kita bersama sama memikirkan yang terbaik untuk rakyat, sudah saatnya kini kita lepaskan penderitaan guru-guru honorer kita” tandasnya. (mega/fpd)

( sumber : fraksidemokrat.org )


Berita Lainnya

Nasional

Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog

Nasional

vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara

Nasional

Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan

Nasional

Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya

Nasional

Transformasi Digital Harus Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat

Nasional

Anggota DPR Kritik Wacana Presiden Dipilih MPR: Ciptakan Ketidakstabilan

Nasional

Dukung Pengembangan Konsep Perang Modern TNI AD Melalui Penambahan Anggaran Kavaleri

Nasional

Anita Jacoba Minta Perpusnas Perhatikan Perpustakaan di Sekolah-Sekolah Kristen dan 3T

Berita: Nasional - Suhardi Duka minta Badan Pangan Nasional tangani defisit produk beras dan perkuat peran Bulog •  Nasional - vera febyanthy soroti kebijakan fiskal dan penerimaan negara •  Nasional - Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy, Soroti Peningkatan Tax Ratio dan Implementasi Pajak Karbon dalam Rapat dengan Kementerian Keuangan •  Nasional - Jaga Kewibawaan, Persiapan PON XII di Aceh-Sumut Jangan Sekadarnya •  Nasional - Transformasi Digital Harus Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat •  Nasional - Anggota DPR Kritik Wacana Presiden Dipilih MPR: Ciptakan Ketidakstabilan •  Nasional - Dukung Pengembangan Konsep Perang Modern TNI AD Melalui Penambahan Anggaran Kavaleri •  Nasional - Anita Jacoba Minta Perpusnas Perhatikan Perpustakaan di Sekolah-Sekolah Kristen dan 3T •