Didik Mukrianto Tak Ada Nilai Pembuktian pada Keterangan Angie

Rabu, 13 Januari 2016 00:00

fraksidemokrat.org—Jakarta. Kesaksian yang tidak didasarkan kepada kapasitas saksi yang mengetahui, merasakan dan melihat sendiri dan hanya didasarkan kepada keterangan yang bersumber dari saksi lain tidak bisa dijadikan dasar bagi penegakan hukum. Demikian dikatakan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto terkait beberapa pendapat yang meminta menindaklajuti kesaksian Angie yang bersumber dari keterangan Nazarudin.

‘’Penegakan hukum harus didasarkan kepada mekanisme hukum yang berlaku. Menegakkan hukum tidak boleh melanggar hukum. Jangan begitu lah,’’ kata Didik.

Menurut  Didik, keterangan Angie dalam persidangan Nazar tidak mempunyai nilai pembuktian yang sah menurut hukum. Karena tidak dialami dan diketahui sendiri oleh Angie namun berdasar keterangan Nazar.

"Kompetensi saksi yang sah menurut hukum dan dapat dipertanggungjawabkan adalah saksi yang melihat, mendengar, mengalami secara langsung. Testimoni de auditu tidak bisa dijadikan dasar bagi penegak hukum untuk menegakkan hukum. Penegak hukum tidak boleh melakukan kriminalisasi terhadap siapapun,’’ tegas Ketua Umum Pengurus Karang Taruna Nasional itu. (***)

Berita Lainnya

Nasional

Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing

Nasional

Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN

Nasional

Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor

Nasional

Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN

Nasional

Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop

Nasional

Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Nasional

Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet

Nasional

Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk

Berita: Nasional - Wakil Ketua MPR RI: Pemerintah Harus Fasilitasi UMKM agar Berdaya Saing •  Nasional - Suntikan Modal Tak Jelas, Elit Demokrat Dorong Audit Seluruh BUMN •  Nasional - Demokrat: Pemberantasan Korupsi dalam 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Mati Suri, Lembek ke Koruptor •  Nasional - Dede Yusuf: LADI Bermasalah Sejak 2017, Akan Jadi Catatan Khusus dalam Revisi UU SKN •  Nasional - Reses, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Sartono Hutomo Bagi Sembako, Alsintan dan Terop •  Nasional - Debby Kurniawan : Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia •  Nasional - Komisi III DPR: Kapolri Tidak Boleh Diam, Tegur dan Pecat Anak Buahnya yang Ancam Warganet •  Nasional - Petani Menjerit, Legislator Demokrat Soroti Meroketnya Harga Pupuk •