Demokrat Nilai Tim Pengawas Penanganan Covid-19 DPR Mati Suri

Selasa, 12 Januari 2021 09:18

dpr (1)

Anggota Fraksi Partai Demokrat Nanang Samodra menyoroti kinerja Tim Pengawas (Timwas) Pelaksanaan Penanganan Bencana Pandemi Covid-19 yang dibentuk DPR RI. Menurutnya, kurang lebih setahun bekerja Timwas Covid-19 DPR RI seperti mati suri.

"Pada kenyataannya Timwas ini seolah mati suri tidak berjalan dengan baik walau sudah satu tahun tetapi seperti tidak ada kegiatan apa-apa," kata Nanang saat rapat paripurna, Senin (11/1).

Nanang menilai, situasi pandemi yang belum juga reda seperti sekarang membutuhkan Timwas. Sehingga, ia minta kepada pimpinan DPR agar Timwas ini diaktifkan kembali.

"Karena itu melalui pimpinan sekiranya Timwas ini bisa digalakan kembali terlebih situasi negara membutuhkan kegiatan itu," kata anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Sementara, Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) menilai kinerja Timwas Covid-19 tidak terlihat. Formappi menilai, DPR seperti tidak serius mengawasi kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Meski DPR memiliki Tim Pengawas Penanganan Covid-19 juga tidak tampak kinerjanya ketika terjadi pelanggaran-pelanggaran pembatasan sosial berskala besar maupun memburuknya penanganan Covid-19 oleh Pemerintah sebagaimana diungkapkan oleh Presiden Jokowi," ujar peneliti Formappi M Djadijono dalam rilis evaluasi kinerja DPR.

Formappi menilai, Timwas Covid-19 bentukan DPR ini layak dibubarkan. Karena kerjanya sama sekali tidak terlihat.

"Ketika di beberapa tempat di sekitar Jakarta dan Jawa Barat terjadi kerumunan massa tanpa mentaati protokol kesehatan dan memburuknya penanganan pandemik Covid-19, Timwas Covid DPR sama sekali tidak kedengaran suaranya. Karena itu Timwas tersebut layak dibubarkan," kata Djadijono. [ray]

Berita Lainya

Nasional

Soal UMKM, Rudana Minta Kemenkop Maksimalkan Sinergi dengan Lembaga Lain

Nasional

Iuran BPJS Kembali Naik, Syarif Hasan: Pemerintah Harusnya Bantu Masyarakat Bukan Mempersulit

Nasional

Pemulihan Sektor Pariwisata, Dede Yusuf Akui Pemerintah Tidak Bisa Berbuat Banyak

Nasional

Ibas Kritisi Bantuan UMKM

Nasional

Herman Khaeron Minta Pemerintah Rawat BUMN Terdampak Pandemi

Nasional

Kepolisian Wajib Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

Nasional

Subsidi Energi Kedepan Harus Lebih Tepat Sasaran

Nasional

Anggota DPR Pertanyakan Persentase KTP-El yang Selesai dalam Pilkada 2020

Berita: Nasional - Soal UMKM, Rudana Minta Kemenkop Maksimalkan Sinergi dengan Lembaga Lain •  Nasional - Iuran BPJS Kembali Naik, Syarif Hasan: Pemerintah Harusnya Bantu Masyarakat Bukan Mempersulit •  Nasional - Pemulihan Sektor Pariwisata, Dede Yusuf Akui Pemerintah Tidak Bisa Berbuat Banyak •  Nasional - Ibas Kritisi Bantuan UMKM •  Nasional - Herman Khaeron Minta Pemerintah Rawat BUMN Terdampak Pandemi •  Nasional - Kepolisian Wajib Melindungi dan Mengayomi Masyarakat •  Nasional - Subsidi Energi Kedepan Harus Lebih Tepat Sasaran •  Nasional - Anggota DPR Pertanyakan Persentase KTP-El yang Selesai dalam Pilkada 2020 •