Demokrat Minta Revisi Tak Perpendek Tahapan Pilkada

Selasa, 27 Januari 2015 00:00

JAKARTA - Fraksi Partai Demokrat meminta agar dalam revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) atas Perppu no 1/2014 tidak menganggu apalagi sampai memperpendek tahapan pilkada serentak 2015.

"Dalam pembahasan, jangan sampai mengganggu atau mempersingkat dari tahapan pilkada 2015. Amanah perppu yang sudah menjadi UU. Dan pilkada serentak tahap pertama harus silaksanakan 2015," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Hermanto kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Agus menegaskan, Demokrat mempersilakan untuk merevisi UU Pilkada tersebut, asalkan revisi tersebut tidak mengubah atau mempersingkat tahapan-tahapan pilkada. Karena, tahapannya sebentar lagi dan tahun 2015 sudah harus melaksanakan pemungutan suara.

"Demokrat dengan perppu ini sudah bisa mewadahi dari keinginan-keinginan kita dengan pilkada langsung dan dengan sepuluh perbaikan. Dan ini sudah cukup," tegasnya.

Menurut Agus, melihat beberapa usulan dari fraksi, ada diantara salah satu usulannya pilkada serentak dilakukan tahun 2016. Tapi, merujuk perppu tidak ada aturan yang menyatakan bahwa pilkada serentak bisa di 2016.

"Bagi kami kalau mengubah itu silahkan aja tapi dibicarakan secara cepat maraton, dan menghasilkan," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan bahwa pelaksanaan pemungutan suara pilkada serentak harus dilaksanakan di 2015. Menurut dia, bisa dibayangkan bahwa pilkada di 2015 merupakan carry over dari pilkada di tahun sebelumnya, dan kalau sampai pilkada dimundurkan maka tahapan selanjutnya bisa terganggu.

"Jadi, kalau mau diubah jangan sampai ganggu tahapan pilkada di 2015," tutupnya.

 

Sumber : Sindonews.com

 

Berita Lainnya

Nasional

Putu Supadma Rudana: Pentingnya Hubungan Bilateral, Parlemen Indonesia-Armenia Sepakat Saling Dukung Pencapaian SDGs

Nasional

Indonesia Akan Contoh Kesuksesan Industri Pariwisata di Kroasia

Nasional

Ancaman Krisis Pangan di Depan Mata, Bambang Purwanto Lakukan Antisipasi

Nasional

Anggota DPR RI Partai Demokrat Berikan Materi Literasi Keuangan Pada Pelaku UMKM

Nasional

BKSAP: Kebudayaan Nasional Indonesia Berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Nasional

Putu Supadma Minta Kepolisian Segera Pastikan Penyebab Terjadinya Kebakaran Museum Nasional

Nasional

Terjadi Kebakaran di Museum Nasional, Komisi X Pertanyakan Komitmen Penerapan SOP Proteksi

Nasional

Herman Khaeron Sosialisasikan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi UKM 2023 di Indramayu

Berita: Nasional - Putu Supadma Rudana: Pentingnya Hubungan Bilateral, Parlemen Indonesia-Armenia Sepakat Saling Dukung Pencapaian SDGs •  Nasional - Indonesia Akan Contoh Kesuksesan Industri Pariwisata di Kroasia •  Nasional - Ancaman Krisis Pangan di Depan Mata, Bambang Purwanto Lakukan Antisipasi •  Nasional - Anggota DPR RI Partai Demokrat Berikan Materi Literasi Keuangan Pada Pelaku UMKM •  Nasional - BKSAP: Kebudayaan Nasional Indonesia Berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan •  Nasional - Putu Supadma Minta Kepolisian Segera Pastikan Penyebab Terjadinya Kebakaran Museum Nasional •  Nasional - Terjadi Kebakaran di Museum Nasional, Komisi X Pertanyakan Komitmen Penerapan SOP Proteksi •  Nasional - Herman Khaeron Sosialisasikan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi UKM 2023 di Indramayu •