Senin, 24 Februari 2020 00:00

fraksidemokrat.org, Papua — Pasca penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua, pemanfaatan venue-venue yang sudah dibangun harus direncanakan dengan matang. Karena anggaran negara yang digunakan untuk membangunnya cukup besar, sekitar Rp 3 miliar. Jangan sampai setelah PON venue-venue tersebut tidak dimanfaatkan dan dijaga dengan baik.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi usai peninjauan venue PON ke XX di Jayapura, Papua, Jumat (21/2/2020). ‘’Jadi setelah acara PON 2020, maka harus ada bagaimana cara memanfaatkan daripada venue-venue yang dibangun dengan sangat baik sekali itu. Bisa bekerja sama dengan fakultas, kerja sama juga dengan akademisi atau ada pun juga klub-klub olahraga agar terpakai dan terpelihara dengan baik,” ucap Dede.

Kepada Pemerintah Papua, politisi Fraksi Partai Demokrat ini minta agar ke depannya diadakan even olahraga lainnya, baik itu tingkat kabupaten, provinsi maupun regional yang memanfaatkan venue PON. 

‘’Pak Sekda sudah menyampaikan bahwa untuk kelanjutannya tentu ada tanggung jawab. Selain perawatan, Pemda Papua akan membuat even-even olahraga lainnya. Jangan jangan sampai ketika even besar sudah selesai dilakukan di suatu provinsi, dalam tiga tahun berikutnya daerah tersebut menjadi hutan,” kata Dede.

Selain mengadakan beberapa even pasca PON Papua, sambung Dede, pemeliharaan dan perawatan venue juga penting dilakukan dan akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Papua. Biaya perawatan yang tidak murah ini kelaknya harus masuk dalam APBD. Karena ada beberapa peralatan dan kebutuhan-kebutuhan terkait perawatan yang harus diimpor dari negara lain.

Terkait dengan pemanfaatan venue pasca PON Papua, Sekretaris Daerah Provinsi Papua T.E.A. Hery Dosinaen mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa pihak seperti dengan TNI, pemerintah kabupaten dan kota terkait lahan dibangunnya venue PON. Dengan harapan, pihak-pihak yang lahannya dibangun venuePON, nantinya akan merawat dan memanfaatkannya dengan baik. 

(mediafpd/dpr.go.id)

 

 

Berita Lainya

Nasional

Sartono Pimpin Penyemprotan Disinfektan di 5 Kabupaten

Nasional

Pemerintah Batasi Aktivitas, Tapi Bagaimana Hidup Rakyat?

Nasional

Catatan Marwan Cik Asan Terkait Kebijakan Ekonomi di Masa Krisis Covid-19

Nasional

Zulfikar dan Satgas Kemanusiaan Demokrat Semprotkan Disinfektan ke Lima RW di Benda

Nasional

Demokrat Lakukan Penyemprotan Disinfektan 11 Kecamatan di Kota Depok

Karantina Wilayah Itu Hak Rakyat!

Nasional

PIA FDP DPR RI Semprot Disinfektan di Kota Bekasi

Nasional

Segera Karantina Wilayah!

Berita: Nasional - Sartono Pimpin Penyemprotan Disinfektan di 5 Kabupaten •  Nasional - Pemerintah Batasi Aktivitas, Tapi Bagaimana Hidup Rakyat? •  Nasional - Catatan Marwan Cik Asan Terkait Kebijakan Ekonomi di Masa Krisis Covid-19 •  Nasional - Zulfikar dan Satgas Kemanusiaan Demokrat Semprotkan Disinfektan ke Lima RW di Benda •  Nasional - Demokrat Lakukan Penyemprotan Disinfektan 11 Kecamatan di Kota Depok •  - Karantina Wilayah Itu Hak Rakyat! •  Nasional - PIA FDP DPR RI Semprot Disinfektan di Kota Bekasi •  Nasional - Segera Karantina Wilayah! •